Miris! Kakek Ini Akan Curi Replika Makanan karena Dikira Makanan Asli

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 14 Jan 2021 13:00 WIB
Miris! Kakek Ini Akan Curi Replika Makanan karena Dikira Makanan Asli Foto: Sora News 24
Jakarta -

Kisah pencurian seorang kakek di Jepang ini menarik perhatian netizen. Pasalnya sang kakek yang kelaparan sempat menduga replika makanan sebagai makanan asli.

Jepang adalah 'rumah' untuk replika makanan. Banyak restoran di sana memajang replika makanan untuk menunjukkan tampilan menu mereka.

Replika makanan dikenal dengan sebutan 'sampuru' di sana. Pembuatannya tak main-main karena replika ini sangat realistis.

Bahan utama pembuatan replika makanan awalnya berupa lilin, tapi kini banyak yang memakai polivinil klorida (PVC) karena lebih awet.

Dalam pembuatannya, produsen replika makanan memiliki prinsip untuk menyeimbangkan antara realisme dan estetika.

Miris! Kakek Ini Akan Curi Replika Makanan karena Dikira Makanan AsliMiris! Kakek Ini Akan Curi Replika Makanan karena Dikira Makanan Asli Foto: Sora News 24

Karenanya sering kali orang tak bisa membedakan mana replika makanan dan mana makanan asli. Salah satunya kakek berusia 62 tahun ini.

Baca Juga: 5 Fakta Bisnis Replika Makanan yang Bernilai 1,2 T di Jepang

Dikutip dari Sora News 24 (12/6), kakek ini awalnya merasa sangat lapar. Ia lantas memasuki sebuah restoran dengan pikiran akan mencuri makanan dari dalam lemari kaca.

Ia berpikir di dalamnya ada makanan enak yang bisa ia ambil. Tapi ternyata barang yang hendak ia ambil hanyalah replika makanan.

Peristiwa ini terjadi pada 6 Januari 2020, sekitar pukul 15.30. Selain niat mengambil replika makanan yang ia kira makanan asli, kakek ini malah melakukan tindakan kriminal lain.

Niatnya mencuri makanan berubah menjadi mencuri uang tunai karena ia melihat laci kasir terbuka. Namun, manajer restoran mengetahui hal ini.

Sang kakek awalnya coba melarikan diri, tapi seorang pegawai berhasil menangkapnya tepat di luar pintu masuk.

Miris! Kakek Ini Akan Curi Replika Makanan karena Dikira Makanan AsliMiris! Kakek Ini Akan Curi Replika Makanan karena Dikira Makanan Asli Foto: Sora News 24

Kakek itu mengaku pada polisi bahwa dirinya memang punya niatan mencuri uang. Pasalnya ia tidak bekerja dan tidak punya uang.

Peristiwa inipun menimbulkan reaksi beragam dari banyak netizen di sana. "Saya tidak yakin apakah ini cerita lucu atau sedih...," kata seorang netizen.

"Pembuat replika makanan adalah orang yang penuh dosa," sahut netizen lainnya. Ada pula yang mencoba memposisikan dirinya sebagai si kakek.

"Kalau saya jadi dia, saya akan duduk dalam restoran untuk makan sesuatu dan saya bilang saya tidak punya uang dan ditangkap," ujarnya. Nah, bagaimana pendapatmu?

Baca Juga: Miris, Ini 5 Kisah Hukuman Nenek Pencuri Makanan yang Menyayat Hati

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com