Merebus Susu Bisa Kurangi Nutrisinya, Ini Faktanya

Devi Setya - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 06:00 WIB
Merebus Susu Bisa Kurangi Nutrisinya, Ini Faktanya Foto: iStock

4. Perubahan tampilan dan tekstur susu

Selain mengurangi nilai gizinya, merebus susu juga dapat menyebabkan susu memiliki rasa dan warna yang berbeda, hal ini disebabkan oleh reaksi Maillard. Reaksi Maillard adalah reaksi kimia antara asam amino dan gula yang memberi rasa khas pada makanan sehingga membuat tampilannya menjadi kecokelatan.

Bukan hanya itu, tekstur susu juga akan mengalami perubahan. Semakin lama susu dipanaskan maka teksturnya akan semakin mengental. Jika harus memanaskan susu, sebaiknya gunakan kompor dengan api kecil.

Susu harus diaduk sesekali dan hindari merebus hingga mendidih. Hindari juga merebus susu di dalam microwave karena gelombang panas microwave membuat nutrisi susu semakin berkurang.

Merebus Susu Bisa Kurangi Nutrisinya, Ini FaktanyaMerebus Susu Bisa Kurangi Nutrisinya, Ini Faktanya Foto: iStock

5. Nutrisi susu UHT dan manfaatnya untuk kesehatan

Susu UHT termasuk jenis susu yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. Dalam susu UHT terkandung nutrisi kompleks mulai dari protein, kalsium dan berbagai vitamin. Konsumsi susu UHT secara rutin bisa memberi pengaruh positif pada kesehatan.

Kalsium dan vitamin D dalam susu UHT membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, terutama pada anak-anak. Sumber nutrisi ini juga dibutuhkan orang dewasa untuk menjaga kepadatan tulang demi mencegah osteoporosis.

Susu UHT juga bermanfaat untuk menjaga sistem kerja saraf serta menunjang energi. Susu jenis ini juga membantu penyerapan vitamin agar lebih maksimal. Vitamin A, D, E, dan K merupakan vitamin yang membutuhkan lemak untuk dapat larut dan dimetabolisme tubuh. Susu UHT memiliki kandungan lemak tinggi sehingga bisa membantu penyerapan vitamin-vitamin tersebut.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Puding Susu Panggang"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com