Merebus Susu Bisa Kurangi Nutrisinya, Ini Faktanya

Devi Setya - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 06:00 WIB
Merebus Susu Bisa Kurangi Nutrisinya, Ini Faktanya Foto: iStock

2. Merebus susu pasteurisasi

Susu kemasan yang sudah dipasteurisasi tidak dilarang untuk direbus. Namun setelah merebus susu ini, sebaiknya langsung dihabiskan kurang dari 2 hari.

Susu pasteurisasi tidak perlu direbus karena sebelum proses pengemasan, susu ini sudah mengalami proses perebusan. Susu pasteurisasi umumnya menjalani pemanasan di suhu yang cukup tinggi yakni 71 derajat celsius selama 15 detik untuk membunuh patogen berbahaya.

Merebus susu pasteurisasi memiliki efek negatif karena paparan suhu panas bisa mempengaruhi kandungan vitamin dalam susu. Vitamin B seperti tiamin, riboflavin, niasin, asam folat, B6, dan B1 yang sensitif terhadap panas akan berkurang saat proses perebusan. Hal ini juga berlaku pada kandungan protein yang akan menyusut saat dipanaskan.

3. Merebus susu UHT

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa suhu pasteurisasi bisa direbus dan hanya mengurangi sedikit kandungan gizinya. Lain halnya dengan jenis susu UHT yang sama sekali tidak disarankan untuk direbus.

Susu UHT mengalami pemanasan dengan suhu yang lebih tinggi yakni di suhu 135-150 derajat celsius. Bukan hanya akan kehilangan vitamin B dan beberapa protein penting, merebus susu UHT juga akan membuat lemak susu menjadi hilang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Puding Susu Panggang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com