Anggun Kesal Lihat Manggis Ditulis Rambutan, Harganya Bikin Gagal Fokus

Devi Setya - detikFood Selasa, 12 Jan 2021 18:00 WIB
Duta shampoo Pantene Anggun C. Sasmi Foto: Dok. Pantene
Jakarta -

Penyanyi Anggun C. Sasmi tak sengaja menemukan manggis di supermarket di Prancis. Tapi ia malah kesal karena manggis ditulis sebagai rambutan dan harganya super mahal.

Menemukan buah asli Indonesia di luar negeri memang seperti menemukan harta karun. Di Indonesia, buah seperti rambutan dan manggis akan sangat mudah ditemui bahkan harganya murah saat sedang musim panen.

Sebut saja di Prancis misalnya, ketersediaan buah asli Indonesia sangat terbatas sehingga hanya sebagian kecil orang yang mengenal beberapa jenis buah. Oleh karenanya, wajar saja ketika petugas supermarket atau toko buah menuliskan nama buah secara keliru.

Anggun Kesal Lihat Manggis Ditulis Rambutan, Harganya Bikin Gagal FokusAnggun Kesal Lihat Manggis Ditulis Rambutan, Harganya Bikin Gagal Fokus Foto: instagram @anggun_cipta

Seperti pengalaman Anggun yang melihat buah manggis di supermarket, di keranjang terlihat setumpuk buah manggis. Tapi dalam keterangan justru tertulis nama 'Rambutan'.

Sebagai wanita yang lahir dan besar di Indonesia, Anggun hafal betul bentuk buah manggis dan rambutan. Jadi saat melihat buah manggis dengan nama rambutan, Anggun tergelitik untuk langsung mengabadikannya lewat bidik kamera.

Foto salah penulisan nama buah ini kemudian diunggah lewat instagram pribadinya @anggun_cipta. "Udah salah nama, mahal lagi," kata Anggun.

Selain mengkritisi salah penulisan nama buah, pelantun lagu "Mimpi" ini juga menyoroti soal harga buah ini. Tertera harga untuk 1 kilogram manggis dibanderol 19 Euro atau setara Rp 327 ribu. Dibandingkan dengan harga buah di Indonesia, angka ini jelas sangatlah mahal.

Unggahan soal buah manggis vs rambutan ini juga menarik banyak komentar netizen. Lebih dari 2.000 orang ikut menanggapi postingan Anggun. Banyak yang justru gagal fokus dengan banderol harganya dan membandingkan dengan harga di Indonesia.

"Ya ampuuunnn kok bisa ya? Nggak discreening dulu? Seneng banget makan di sini murah meriah bahagia," kata netizen.

"Wah kedondong di Prancis harganya bisa beli satu henpon kali ya hahaha," sahut netizen lain.

"Rambutannya plontos. Coba dikasih tau mbak itu pegawainya, mahal pula harganya. Mbak Anggun kalau pulang kampung borong rambutan yang banyak biar puas," beber netizen lain.

Anggun Kesal Lihat Manggis Ditulis Rambutan, Harganya Bikin Gagal FokusAnggun Kesal Lihat Manggis Ditulis Rambutan, Harganya Bikin Gagal Fokus Foto: instagram 1cak.com

Kasus soal salah penulisan nama buah ternyata bukan hanya terjadi di Prancis, di Indonesia juga kerap ditemui. Salah satunya penjual rambutan gerobakan yang mangkal di pinggir jalan ini. Dagangannya rambutan tapi tulisannya 'Duku Palembang' waduh gimana tuh?

Setelah ditelusuri ternyata penjual ini menjual buah musiman yang selalu berganti. Meskipun jenis buahnya berganti, tapi ia tak mengubah tulisan di gerobaknya. Jadi meskipun dagangannya buah mangga, manggis, jeruk atau rambutan tapi di gerobaknya tetap tertulis 'Duku Palembang'.



Simak Video "Awug, Kue Manis dari Kulit Manggis"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com