Bukan Siomay Ikan, Penjual Ini Tawarkan Siomay Daging Babi

Riska Fitria - detikFood Selasa, 12 Jan 2021 17:30 WIB
Bukan Siomay Ikan, Penjual Ini Tawarkan Siomay Daging Babi Foto: TikTok @beruangrakus
Jakarta -

Biasanya siomay terbuat dari ikan tenggiri. Namun, penjual siomay yang satu ini menawarkan siomay yang terbuat dari daging babi. Seperti apa ya rasanya?

Siomay dikenal sebagai salah satu jenis dim sum. Siomay merupakan jajanan khas Bandung yang diadaptasi dari China. Kata siomay sendiri berasal dari kata 'shomai' dalam bahasa Mandarin.

Di Bandung, siomay disajikan dengan bumbu kacang yang pedas manis. Siomay banyak dijual oleh pedagang gerobakan dengan harga satu porsinya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000

Baca Juga : Resep Siomay Bandung Enak yang Mudah Dibuat di Rumah

Bukan Siomay Ikan, Penjual Ini Tawarkan Siomay Daging BabiBukan Siomay Ikan, Penjual Ini Tawarkan Siomay Daging Babi Foto: TikTok @beruangrakus

Siomay yang banyak dijual oleh pedagang di Indonesia umumnya terbuat dari ikan tenggiri. Selain itu, ada juga yang terbuat dari bahan utama seperti ayam, udang, atau kepiting.

Berbeda dari yang lain, penjual siomay ini menggunakan bahan utama berupa daging babi. Siomay daging babi tersebut dijual oleh seorang pria bernama Heri.

Setiap hari ia berjualan siomay daging babi di Jalan Jembatan Gambang II No 26, Jakarta Utara. Ia berjualan menggunakan gerobak kecil berwarna hijau. Digerobaknya juga terdapat tulisan 'Siomay Pig'.

Bukan Siomay Ikan, Penjual Ini Tawarkan Siomay Daging BabiBukan Siomay Ikan, Penjual Ini Tawarkan Siomay Daging Babi Foto: TikTok @beruangrakus

Penjual siomay daging babi itu langsung menarik perhatian netizen setelah dikisahnya oleh pengguna TikTok dengan akun @beruangrakus. Lewat videonya, ia menceritakan saat tak sengaja bertemu penjual siomay babi.

Ia pun membeli siomay babi tersebut. Awalnya ia berniat hanya ingin membantu, tetapi saat mencicipi siomaynya, ia menilai bahwa rasanya enak. Selain itu, teksturnya juga lembut.

"Awalnya sih cuma mau bantu, tapi ternyata siomaynya beneran enak lho. Rasa babinya terasa, tekstur siomaynya juga lembut," ujarnya dalam video.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa satu buat siomaynya dibanderol dengan harga Rp 5.000. Salah satu yang menjadi favorit adalah siomay kulit tahu. Siomay tersebut dipotong-potong dan disiram dengan bumbu kacang.

Bukan Siomay Ikan, Penjual Ini Tawarkan Siomay Daging BabiBukan Siomay Ikan, Penjual Ini Tawarkan Siomay Daging Babi Foto: TikTok @beruangrakus

Pengguna TikTok itu menilai bumbu kacangnya sangat medok. Rasanya juga semakin nikmat saat ditambah dengan saus. Video siomay babi itu pun langsung dibanjiri berbagai tanggapan dari netizen.

"Pedagang jujur kasih tulisan jadi gak ada yang ketipu. Gue Muslim tapi respect sama penjualnya. Semoga usahanya lancar ya pak," tulis netizen.

"Kakek maaf yaa gak bisa nyobain, gak bisa beli karena saya Muslim. Aku doain semoga laris yaa kakek, Aamiin. Doa dari jauh yang terbaik buat kakek," tulis netizen.

Baca Juga : Siomay Rp 80.000 Vs Rp 20.000, Mana yang Lebih Enak?



Simak Video "Battle Siomay Mahal vs Murah, Enakan Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com