5 Pandangan Islam tentang Khasiat dan Keutamaan Minum Kopi

Riska Fitria - detikFood Senin, 11 Jan 2021 06:00 WIB
Teh atau Kopi? Pilihan Minum di Pagi Hari Bisa Tunjukkan Kepribadianmu Foto: iStock
Jakarta -

Dikenal sebagai minuman pagi, kopi memiliki arti yang mendalam dalam pandangan Islam. Mulai dari sejarah, khasiat hingga keutamaannya.

Kopi merupakan minuman yang sangat bermanfaat. Bukan hanya rasanya saja yang dapat dinikmati, tetapi aroma bahkan ampasnya pun memiliki nilai fungsi yang tinggi.

Ternyata, minum kopi juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan Nabi Muhammad memberikan doa khusus yang ditujukan untuk para peminum kopi. Kopi dalam Islam memang memiliki pandangan tersendiri.

Hal tersebut berkaitan dengan kisah dan sejarahnya. Dari itulah diketahui tentang keutamaan minum kopi, manfaat hingga khasiat kesehatan dari kopi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 pandangan Islam tentang kopi:

1. Orang yang Pertama Kali Meracik Kopi

Efek Samping dan Bahaya Minum Kopi Instan Setiap HariEfek Samping dan Bahaya Minum Kopi Instan Setiap Hari Foto: iStock

Sejarah kopi dalam Islam ini memiliki kisah yang menari. Berawal dari Kaldi, seorang penggembala muda di Etiopia. Suatu hati, ia memperhatikan hewan-hewan gembalanya yang tiba-tiba menggelinjang setelah makan buah berwarna merah.

Kaldi pun penasaran dan ikut mencoba memakan buah merah tersebut. Tubuh Kaldi pun seketika langsung bereaksi. Ia menari dan memutar tubuhnya dengan riang. Setelah itu, Kaldi langsung meminta nasehat dari seorang Imam yang juga mencicipi buah itu.

Sang Imam merasakan khasiatnya bahwa ia dapat terjaga dalam ibadah dan doanya sepanjang malam. Ia pun menjadikan buah merah sebagai infus dan dibagikan ke jemaah majelis, lapor Alif.id.

Kemudian Imam tersebut juga memanggang buah tersebut hingga tercium aroma wangi. Kemudian ia mengangkatnya dari bara api, lalu menggiling, menyeduh dengan air panas dan meminumnya. Minuman itulah yang disebut kopi.

Baca Juga : Rasulullah SAW Anjurkan Doa Ini Saat Minum Kopi

2. Doa Nabi untuk Para Peminum Kopi

4 Waktu Terlarang Minum Kopi4 Waktu Terlarang Minum Kopi Foto: iStock

Soal sejarahnya, kopi memiliki hubungan yang erat dengan dunia Islam, khususnya bagi kaum Sufi. Para ulama Islam memiliki dua pendapat yang berbeda tentang hukum meminum kopi. Ada yang menghalalkan dan ada pula yang mengharamkan.

Dilansir dari Alif.id, dalam konteks tasawuf minum kopi memiliki nilai tersendiri. Hal tersebut berawal dari Sufi yang menanyakan langsung kepada Nabi Muhammad SAW. "Wahai Rosulullah SAW, saya suka minum kopi," ujarnya.

Saat itu, Nabi Muhammad SAW tidak menjawab apa hukumnya. Nabi Muhammad SAW justru memberikan doa khusus untuk para peminum kopi, sebagai berikut:

للهم اجعلها نورا لبصري وعافية لبدني وشفاء لقلبي ودواء لكل داء يا قوي يا متين ثم يتلو البسملة.

Artinya:
Ya Allah, jadikanlah kopi yang saya teguk sebagai cahaya bagi penglihatanku, kesehatan bagi badanku, penawar hatiku, obat bagi segala penyakit, duhai dzat yang Maha Kuat dan Maha Tegu. Kemudian membaca bismillahirrahmanirrahim
Nabi Muhammad SAW melanjutkan sabdanya yang berbunyi, "Malaikat akan terus meminta ampunan untukmu selama rasa kopi masih menempel di mulutmu,".

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Ayam Kremes dan Sambal Daging yang Nagih"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com