Rahasia Umur Panjang, Orang Jepang Sarapan Menu Sehat Ini

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 10 Jan 2021 05:00 WIB
menu sarapan orang jepang Foto: iStock
Jakarta -

Chef ini bagikan menu sarapan sehat yang bikin umur panjang. Mulai dari sarapan ikan hingga telur mentah yang jadi rahasia umur panjang orang-orang di Jepang.

Banyak orang yang berhasil melampaui umur 90 tahun, memiliki rahasia panjang umurnya masing-masing. Ada yang menjalankan pola hidup sehat, banyak juga yang mengaku panjang umur karena menyantap makanan yang mereka suka.

Baca Juga: Mau Umur Panjang? Contek 5 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Ini

Baru-baru ini seorang chef yang namanya tidak disebutkan membagikan menu sarapannya di Facebook. Ia menjelaskan bahwa menu sarapan yang disantapnya merupakan menu sarapan yang dimakan sang nenek setiap harinya.

Menu sarapan tradisional JepangMenu sarapan tradisional Jepang Foto: Savor Japan

Pria yang berasal dari Kyoto, Jepang tersebut kini tinggal di Filipina. Tapi untuk masalah sarapan dia tak pernah mengubah menunya.

Dilansir dari Daily Mail UK (10/01), chef itu membagikan foto berisi satu mangkuk nasi putih, tofu, cakalang serut (bonito flakes), sup miso, acar, telur mentah dan tidak ketinggalan natto. Menu terakhir ini merupakan fermentasi kacang kedelai yang jadi menu wajib sarapan di Jepang.

"Nenek saya yang berasal dari Jepang, membuat menu sarapan tradisional ini. Menurut saya, mengapa orang-orang di Jepang lebih panjang umur karena mereka menyantap sarapan yang sehat setiap harinya. Beberapa menu sarapannya juga cukup unik dan tidak biasanya," jelasnya.

Selain sehat dan kaya protein, semua menu sarapan di Jepang tampak enak dan mengenyangkan. Ada beberapa faktor yang mendorong mengapa menu sarapan ini jadi rahasia panjang umur orang Jepang.

Lewat beberapa data dari Tsunaga Japan, telur mentah biasanya dicampur dengan nasi putih hangat, kemudian dicampur dengan kecap asin sebelum dimakan.

Semua telur yang digunakan di Jepang sudah melalui tahap pengecekan kualitas. Jadi kebersihannya terjaga meskipun dimakan mentah.

Rahasia Umur Panjang, Orang Jepang Sarapan Menu Sehat IniRahasia Umur Panjang, Orang Jepang Sarapan Menu Sehat Ini Foto: Site/iStock

Selain itu beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak orang setengah baya yang makan natto atau miso, yang dicampur ke dalam sushi atau sup jauh lebih panjang umur. Risiko kematian dini mereka turun hingga 10%.

Banyak peneliti yang setuju bahwa makanan seperti natto, miso hingga ikan punya banyak manfaat kesehatan. Mulai dari menyumbang asupan protein sampai menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil.

Banyak juga netizen yang jadi penasaran dengan cita rasa dari menu sarapan khas Jepang ini.

"Jika menu sarapan saya seperti ini sudah pasti saya akan lebih rajin sarapan setiap hari," puji salah satu netizen.

Menu sarapan tradisional JepangMenu sarapan tradisional Jepang Foto: Savor Japan

"Saya sebenarnya sempat terkejut ketika disajikan menu sarapan khas Jepang ini, ketika saya menginap di salah satu hotel di sana. Menurut saya porsi makanan ini sangat banyak, mirip seperti menu makan malam. Tapi mereka bilang bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting," tulis netizen lainnya.

Sebelumnya seorang wanita asal Jepang bernama Kane Tanaka, dinobatkan sebagai orang tertua di dunia. Usianya menginjak angka 117 tahun.

Ketika ditanya rahasia panjang umurnya, Kane menjawab ia sangat suka makanan manis, terutama permen.

Baca Juga: Makan Enak Jadi Rahasia Panjang Umur Kane Tanaka, Orang Tertua di Dunia



Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com