Mau Umur Panjang? Contek 5 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Ini

Odilia WS - detikFood Sabtu, 08 Agu 2020 08:00 WIB
5 Kebiasaan Sehat Orang Jepang Foto: iStock
Jakarta -

Orang Jepang memegang rekor sebagai orang yang paling panjang umurnya, lebih dari 100 tahun. Jika ingin berusia panjang coba saja contek gaya hidup sehatnya.

Hampir semua orang di dunia ingin bisa hidup lebih dari 100 tahun atau panjang umur. Mencapai usia 100 tahun tidaklah mudah, apalagi usia panjang dengan tubuh sehat. Bangsa Jepang tercatat sebagai bangsa dengan usia terpanjang di dunia sekaligus paling sehat.

Selain itu mereka juga paling sedikit menderita penyakit serius seperti penyakit jantung, diabetes, kanker dan lainnya. Dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Tentu saja hal ini tak lepas dari gaya hidup sehat, makanan sehat dan juga kebiasaan sehat yang mereka terapkan sejak dini.

Jika ingin menjalani hidup sehat dan panjang umur, coba saja contek kebiasaan sehat mereka yang dikutip dari today (5/8) dan beberapa sumber berikut ini.

5 Manfaat Rumput LautKebiasan sehat orang Jepang. Foto: iStock

1. Makanlah banyak rumput laut

Tak ada hari dilewatkan oleh orang Jepang tanpa makan rumput laut. Sebagai negara yang berbatasan dengan laut, rumput laut mudah didapat, mudah diolah dan harganya terjangkau.

Seperti diketahui rumput laut merupakan bahan makanan yang kaya akan mineral seperti yodium, tembaga, zat besi juga antioksidan, protein, serat dan asal lemak omega 3 seperti yang ada pada ikan laut.

Rumput laut kering dikenal dengan nama nori. Biasa dimakan dengan nasi putih, onigiri, sushi, untuk taburan sup dan salad serta campuran kue. Sedangkan rumput laut segar bisas dibuat salad atau untuk biang kaldu karena punya rasa umami. Kini banyak produk rumput laut segar dan kering dijual di pasaran dan mudah sekali didapat dengan harga terjangkau.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Inovasi Strudel Pisang Kepok ala Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]