Insipiratif! Kakek 93 Tahun di Yogyakarta Semangat Jualan Soto Ayam

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 08 Jan 2021 17:30 WIB
Kakek 93 Tahun Masih Semangat Jualan Soto Ayam di Yogyakarta Foto: Instagram @jogjaviews
Jakarta -

Banyak lansia yang masih menjual makanan walaupun usianya tak muda lagi. Seperti kakek berusia 93 tahun di Yogyakarta yang masih semangat jualan soto ayam ini.

Kisah menginspirasi bisa datang dari manapun, tak terkecuali dari penjual makanan sudah lansia dan tubuhnya renta.

Walaupun usianya tak muda lagi, beberapa penjual makanan ini tetap semangat menawarkan dagangan mereka. Tujuannya semata-mata agar mereka bisa memenuhi kebutuhannya.

Dilansir dari Instagram @jogjaviews (9/12), beberapa waktu lalu, viral di Yogyakarta seorang kakek menjual soto ayam menggunakan gerobak. Kakek ini bernama Narkan dan sudah berusia 93 tahun.

Kakek 93 Tahun Masih Semangat Jualan Soto Ayam di YogyakartaKakek 93 Tahun Masih Semangat Jualan Soto Ayam di Yogyakarta Foto: Instagram @jogjaviews

Walaupun usianya sudah senja dan seharusnya menikmati hari tuanya, tapi kakek yang biasa disapa Mbah Narkan ini masih semangat berjualan. Mbah Narkan berjualan soto ayam di Jalan Mayor Suryatomo, Gondomanan, Yogyakarta.

Baca Juga: 5 Orang Kakek yang Gigih Jual Makanan Meskipun Renta

Setiap harinya Mbah Narkan selalu mendorong gerobak soto ayamnya sendiri. Ia mendorong dari rumahnya di Jagalan ledok Sari, Gang Kikil.

Ada seorang netizen yang berkomentar dalam video tersebut, kalau Mbah Narkan ini adalah tetangganya. Setiap harinya Mbah Narkan memang mendorong gerobaknya, tapi selalu dibantu oleh anaknya saat akan melewati tanjakkan.

Kakek 93 Tahun Masih Semangat Jualan Soto Ayam di YogyakartaKakek 93 Tahun Masih Semangat Jualan Soto Ayam di Yogyakarta Foto: Instagram @jogjaviews

"Soto Pak Narkan sangat legendaris. Beliau tinggal di Jagalan Ledok Sari Gang Kikil. Tiap pagi lewat dengan rumahku karena posisi rumah Pak Narkan dekat bantaran kali Code. Tiap pagi dia mendorong gerobaknya lewat tanjakan dan dibantu oleh anaknya," komentar seorang netizen.

Menurut kabar yang beredar, Mbah Narkan juga memasak sendiri sotonya. Ia juga yang menyajikannya seorang diri kepada setiap pembeli.

Mbah Narkan berjualan soto ayam sejak pagi hari. Menu ini cocok jadi menu sarapan yang menghangatkan perut. Apalagi satu porsinya dibanderol harga Rp 7.000 saja.

Walaupun harganya terjangkau, tapi isian soto ayamnya komplet. Terlihat soto diracik dari nasi, suwiran ayam, perkedel, bihun, tauge, daun seledri, dan siraman kuah yang gurih.

Kakek 93 Tahun Masih Semangat Jualan Soto Ayam di YogyakartaKakek 93 Tahun Masih Semangat Jualan Soto Ayam di Yogyakarta Foto: Instagram @jogjaviews

Kabarnya Mbah Narkan sudah berjualan soto selama 50 tahun. Ia juga salah satu penjual makanan legendaris di Yogyakarta yang menyentuh banyak hati netizen karena kegigihannya.

"Rp 7 ribu sudah ditambah irisan perkedel, tahu dan tempe bacem. Pokoke buat si mbah sehat selalu dan rezeki yang barokah," komentar netizen.

"Sudah pernah ke sana min. Murah 7 ribu aja udah kenyang, bantu larisin yuk!" sahut netizen lain.

"Semoga laris mbah!" tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Sedih! Setiap Hari Kakek Ini Berjalan 25 KM Untuk Jual Donat dan Keripik



Simak Video "Masak Masak: Bikin Pizza Telur Udang Bareng Lucinta Luna"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com