Tea Bomb, Cara Unik Menikmati Segelas Teh di Musim Hujan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 08 Jan 2021 15:00 WIB
Tea Bomb, Cara Unik Menikmati Segelas Teh di Musim Hujan Foto: Instagram/Site News
Jakarta -

Hot cocoa bomb tengah viral karena bentuknya dan cara seduhnya yang unik. Kini ada 'tea bomb', cara minum teh yang unik.

Beberapa waktu lalu, tengah viral sejenis cokelat panas bernama hot cocoa bomb. Minuman ini diseduh dari bola cokelat yang berisikan potongan marhsmallow.

Cara menikmati hot cocoa bomb ini pun terbilang cukup unik. Bola cokelat yang berisikan marshmallow ditaruh dalam gelas atau cangkir lalu dituangi susu panas.

Ketika bola cokelat terkena susu panas, cokelat akan meleleh dan pecah sehingga mengeluarkan marshmallow. Cokelat yang mencair akan mengubah susu panas yang tadinya berwarna putih menjadi susu cokelat. Kemudian, dihirup hangat.

Minuman ini cukup digemari terutama pada saat musim hujan atau musim dingin pada akhir tahun lalu. Di media sosial unggahan tentang minuman ini sangat banyak bersliweran.

Tea Bomb, Cara Unik Menikmati Segelas Teh di Musim HujanTea Bomb, Cara Unik Menikmati Segelas Teh di Musim Hujan Foto: Instagram/Site News

Tetapi penggunaan cokelat dan marshmallow pada minuman ini membuat hot cocoa bomb mengandung banyak kalori yang tentunya tidak bisa dinikmati setiap hari. Kalori dari cokelat dan marshmallow mungkin akan melebihi batas aman asupan kalori harian yang dianjurkan.

Mengutip dari Taste of Home (5/1), ada minuman 'bomb' lainnya yang bisa dinikmati setiap hari dan lebih aman dari hot cocoa bomb. Minuman lebih sehat karena mengandung lebih sedikit kalori dan terbuat dari bahan-bahan yang lebih alami.

Memiliki konsep yang serupa dengan hot cocoa bomb, 'tea bomb' juga menjadi minuman cantik yang cocok untuk dinikmati saat musim hujan dan cuaca dingin. Teh akan lebih sehat jika diminum setiap hari dibandingkan dengan segelas cokelat hangat dengan marshmallow di atasnya.

Baca Juga: Inilah Resep Racikan Es Teh Warsinem yang Viral Diantre Orang

Tea bomb sangat berwarna-warni karena campuran herbal yang digunakan. Tea bomb ini terlihat seperti bola kristal yang berisikan banyak dedaunan dan bunga-bunga di dalamnya.

Tea Bomb, Cara Unik Menikmati Segelas Teh di Musim HujanTea Bomb, Cara Unik Menikmati Segelas Teh di Musim Hujan Foto: Instagram/Site News

Berbeda dengan hot cocoa bomb dengan lapisan cokelat pekat di bagian luar, tea bomb lebih transparan sehingga bisa dilihat langsung isi di dalamnya.

Pada bagian luarnya, tea bomb menggunakan isomalt yang digunakan sebagai cangkak bola untuk mneyimpan teh. Isomalt ini merupakan gula alkohol yang biasa digunakan untuk menggantikan gula dan tidak akan memengaruhi kadar gula dalam darah maupun pelepasan insulin dalam tubuh.

Tea bomb menjadi minuman yang lebih sehat dibanding cocoa bomb karena penggunaan pemanis yang lebih rendah kalori. Hal ini membuat tea bomb akan aman dikonsumsi bahkan bagi mereka yang mereka yang memiliki diabetes. Tetapi tetap tidak berlebihan dan dalam batas aman.

Seperti halnya hot cocoa bomb, cara menyajikan tea bomb juga dengan menggunakan cairan panas di dalam gelas. Jika hot cocoa bomb menggunakan susu panas, tea bomb hanya perlu menggunakan air panas.

Tea bomb juga bisa dibuat sendiri di rumah. Membuat tea bomb di rumah hanya membutuhkan isomalt, teh kegemaranmu dan cetakan silikon.

Tea Bomb, Cara Unik Menikmati Segelas Teh di Musim HujanTea Bomb, Cara Unik Menikmati Segelas Teh di Musim Hujan Foto: Instagram/Site News

Pertama-tama, lelehkan isomalt hingga berwarna bening. Kemudian tuangkan isomalt secara perlahan pada cetakan silikon berbentuk bulat. Masukan teh kesukaanmu, dan lapisi kembali dengan isomalt hingga bentuknya menjadi bulat sempurna.

Saat membuat tea bomb, isomalt yang dilelehkan akan menjadi sangat panas. Maka, harus berhati-hati saat menuangkan isomalt ke dalam cetakan.

Untuk membuat tea bomb lebih cantik dan berwarna, isomalt juga bisa ditambahkan dengan pewarna makanan. Sesuaikan warna cangkang teh dengan warna kesukaan.

Setelah tea bomb sudah dingin dan benar-benar mengeras, saatnya dikeluarkan dari cetakan silikon. Siapkan segelas air panas dan masukkan tea bomb buatanmu.

Tunggu hingga cangkangnya pecah dan tehnya memenuhi gelas. Voila! tea bomb siap dinikmati untuk menghangatkanmu di musim hujan.

Baca Juga: The Bar: Nikmatnya Sajian Afternoon Tea Tanpa Batas Khas Mulia



Simak Video "Cerita Soto Lamongan Yang Sudah Lezat Dari Tahun 1987"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com