Sebelum Sapi dan Ayam, Dulu Kuskus Jadi Hewan Ternak Populer

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 06 Jan 2021 14:00 WIB
Sebelum Sapi dan Ayam, Dulu Kuskus Jadi Hewan Ternak Populer Foto: iStock/Atlas


3. Berusia Ribuan Tahun

Sebelum Sapi dan Ayam, Dulu Kuskus Jadi Hewan Ternak PopulerSebelum Sapi dan Ayam, Dulu Kuskus Jadi Hewan Ternak Populer Foto: iStock/Atlas

Pada tahun 1980 lalu, ada beberapa arkeolog dari Australia yang pergi ke New Ireland. Satu buah pulau yang terletak tak jauh dari Papua New Guinea.

Di sana mereka menemukan ada nya tulang kuskus, yang diperkirakan usianya mencapai lebih dari 20.000 tahun. Tulangnya sendiri tidak bisa dilacak secara pasti berapa usianya.

Tapi para arkeolog yakin, bahwa tulang kuskus ini memiliki usia di atas 12.000 tahun. Membuat kuskus menjadi hewan yang dulu cukup populer untuk diternak hingga dikonsumsi.


4. Hewan Ternak yang Populer

Sebelum Sapi dan Ayam, Dulu Kuskus Jadi Hewan Ternak PopulerSebelum Sapi dan Ayam, Dulu Kuskus Jadi Hewan Ternak Populer Foto: iStock/Atlas

Hampir semua arkeolog dan peneliti setuju, bahwa manusia di masa lalu bertahan hidup dengan berburu. Hewan liar mereka jadikan sebagai sumber makanan sehari-hari.

"Jauh sebelum ada daging sapi dan daging ayam, kuskus bisa jadi hewan ternak pertama dalam sejarah," ungkap laporan Atlas Obscura.

Selain itu di wilayah Papua New Guinea sendiri, dulu kuskus merupakan hewan ternak yang berharga. Tapi semuanya berubah setelah banyak tumbuhan hingga buah-buahan yang tumbuh di sana.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Ramen Topping Mapo Tofu"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com