Sebelum Sapi dan Ayam, Dulu Kuskus Jadi Hewan Ternak Populer

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 06 Jan 2021 14:00 WIB
Sebelum Sapi dan Ayam, Dulu Kuskus Jadi Hewan Ternak Populer Foto: iStock/Atlas
Jakarta -

Dikenal dengan nama beruang Sulawesi. Hewan kuskus ternyata dulu lebih populer sehabagai hewan ternak dibandingkan kambing, ayam hingga sapi.

Kuskus masuk ke dalam hewan mamalia yang memiliki kantung. Kuskus masuk ke dalam hewan jenis nokturnal yang beraktivitas di malam hari.

Persebaran hewan yang satu ini sangat terbatas, dan biasanya ditemukan di wilayah Indonesia Timur serta di Sulawesi. Beberapa wilayah di Australia dan Papua New Guinea, juga jadi tempat mamalia ini berkembang biak.

Meski kini nama kuskus tidak sepopuler ayam atau sapi. Tapi banyak peneliti dan ilmuwan yang percaya, bahwa ratusan tahun lalu kuskus dijadikan sebagai hewan ternak untuk dimakan.

Bahkan popularitas daging kuskus mengalahkan daging ayam dan sapi.
Dilansir dari Atlas Obscura (05/01), berikut fakta menarik seputar kuskus yang dulu populer dijadikan makanan.

Baca Juga: Kim Jong Un Perintahkan Tangkapi Anjing Peliharaan Untuk Atasi Krisis Pangan

1. Beruang Sulawesi yang Langka

Sebelum Sapi dan Ayam, Dulu Kuskus Jadi Hewan Ternak PopulerSebelum Sapi dan Ayam, Dulu Kuskus Jadi Hewan Ternak Populer Foto: iStock/Atlas

Seperti yang diketahui sebelumnya, hewan kuskus memiliki penyebaran yang terbatas. Tak semua wilayah di Indonesia memiliki kuskus. Biasanya hewan mamalia ini tersebar di wilayah Indonesia Timur.

Disebut juga sebagai beruang Sulawesi. Kuskus memiliki bentuk yang mirip seperti kungkang. Ukuran kuskus setara dengan satu ekor kucing.

Kuskus masuk ke dalam hewan yang pemalu. Biasanya mereka akan beristirahat di siang hari, kemudian baru beraktivitas di malam hari. Kuskus bisa ditemukan di cabang pohon hingga di antara bebatuan.

2. Hewan yang Bersejarah

Sebelum Sapi dan Ayam, Dulu Kuskus Jadi Hewan Ternak PopulerSebelum Sapi dan Ayam, Dulu Kuskus Jadi Hewan Ternak Populer Foto: iStock/Atlas

Sampai sekarang kuskus masih menjadi hewan favorit di Papua New Guinea. Menurut data yang dikumpulkan oleh Atlas Obscura, kuskus merupakan contoh paling tua dari pengaturan hewan saat revolusi agraris di masa lampau.

Dulu hewan seperti babi, sapi dan kambing sering diternak oleh untuk ditukar, dijual sampai dijadikan bahan makanan. Tapi ternyata tidak hanya tiga hewan ini yang populer.

"Kuskus bisa jadi merupakan hewan ternak pertama yang tercatat dalam sejarah agraris. Meski beberapa arkeolog lebih setuju kalau hewan kuskus masuk ke dalam hewan peliharaan," tulis laporan dari Atlas Obscura.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Bubur Ayam Mayong di Kelapa Gading yang Laris Manis"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com