Sejarah Popcorn hingga Jadi Camilan Bioskop Favorit

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 05 Jan 2021 11:00 WIB
Sejarah Popcorn hingga Jadi Camilan Bioskop Favorit Foto: iStock
Jakarta -

Popcorn identik sebagai camilan bioskop di seluruh dunia. Ternyata begini sejarah popcorn bisa menjadi camilan bioskop populer.

Popcorn merupakan camilan berbahan dasar jagung yang identik dengan bioskop. Pergi ke bioskop untuk menonton film terasa kurang lengkap tanpa membawa popcorn sebagai camilan. Sekantong popcorn dan segelas soda atau minuman dingin akan membuat pengalaman menonton di bioskop lebih lengkap.

Popcorn tidak hanya populer sebagai camilan di bioskop saja, tapi juga bisa menjadi suguhan saat kumpul bersama keluarga atau teman. Teksturnya yang renyah dengan cita rasa gurih khas jagung membuat popcorn jadi favorit.

Di balik kenikmatan popcorn, siapa sangka popcorn sudah ada di bioskop sejak hampir 100 tahun lalu. Di Amerika Serikat, popcorn menjadi primadona bioskop sejak jauh di masa lalu.

Sejarah Popcorn hingga Jadi Camilan Bioskop FavoritSejarah Popcorn hingga Jadi Camilan Bioskop Favorit Foto: iStock

Dikutip dari Serious Eats (17/7), popcorn pertama kali dijual di dalam bioskop hampir 100 tahun yang lalu. Penjualan popcorn berhasil meningkatkan keuntungan bisnis bioskop saat Amerika Serikat tengah memasuki depresi ekonomi.

Bagi banyak orang sana, aroma popcorn saja sudah memicu kenangan bahagia saat pergi ke bioskop. Bahkan aroma popcorn sudah sangat menggoda mulai dari saat melihat-lihat daftar film yang tayang sebelum membeli tiket.

Saat bioskop harus tutup akibat pandemi virus Corona, hal unik terjadi. Alih-alih menurun, penjualan popcorn di toko-toko Amerika Serikat ternyata tidak mengalami penurunan, justru mengalami peningkatan hingga menghasilkan penjualan 30 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya, menurut data dari Nielsen.

Sejarah Popcorn

Sejarah Popcorn hingga Jadi Camilan Bioskop FavoritSejarah Popcorn hingga Jadi Camilan Bioskop Favorit Foto: iStock

Menurut Institut Nasional Antropologi dan Sejarah Meksiko, jagung yang merupakan bahan utama popcorn tumbuh sebagai rumput liar yang disebut teosinte di Barat Daya Meksiko. Jagung diperkirakan mulai dibudidaya sebagai tanaman sekitar 9.000 tahun lalu. Lalu pada tahun 2012, arkeolog menemukan bukti pertama popcorn di Peru dengan temuan bonggol jagung berusia 6.700 tahun dengan kernel atau biji jagung di dalamnya.

Popcorn yang dikenal dan digemari sekarang adalah hasil budidaya dari beberapa varietas jagung berbeda oleh suku-suku masa lampau.

Lalu untuk pemrosesan jagung secara modern menurutUSDA adalah jagung untuk popcorn ditanam, dimatangkan di tangkai, dipetik, dan kemudian dikeringkan sampai setiap kernel mengandung sekitar 14 persen kelembaban. Ketika terkena panas atau dimasak, kelembaban pada jagung akan mengembang sehingga menyebabkan kernel itu 'meledak' dan jadilah popcorn.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com