Awal Tahun, SBY Pilih Masak Kupat Tahu Khas Pacitan

Devi Setya - detikFood Senin, 04 Jan 2021 12:31 WIB
Awal Tahun, SBY Pilih Masak Kupat Tahu Khas Pacitan Foto: instagram @aniyudhoyono
Jakarta -

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengisi awal tahun 2021 dengan kegiatan santai di rumahnya. Ia memasak kupat tahu Pacitan yang rasanya khas.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengawali tahun baru. Termasuk SBY yang mengisi momen seru di rumahnya dengan masak kupat tahu. Kegiatan ini terbilang langka karena sangat jarang SBY meracik masakan kalau bukan di momen spesial.

Lewat instagram mendiang sang istri @aniyudhoyono, ayah dari Agus dan Ibas ini memperlihatkan aksinya memasak. Mengenakan kaos hitam bertuliskan 'Lavani', SBY tampak lihai menggunakan alat masak seperti wajan hingga sutil.

Awal Tahun, SBY Pilih Masak Kupat Tahu Khas PacitanAwal Tahun, SBY Pilih Masak Kupat Tahu Khas Pacitan Foto: instagram @aniyudhoyono

Ada lima foto yang memperlihatkan aksi seru masak ala SBY. "Di hari Minggu ini, masih dalam suasana tahun baru 2021, saya masak Kupat Tahu ala Pacitan di rumah Cikeas. Untuk teman-teman ketahui, kupat tahu Pacitan rasanya khas. Barangkali sama enaknya dengan kupat tahu pojok di Magelang (langganan saya dan Ibu Ani dulu) . Atau kupat-kupat tahu andalan di kota-kota lain. Kalau ada waktu, teman-teman bisa mencobanya di rumah masing-masing," kata SBY dalam keterangan fotonya.

Meski sederhana, kupat tahu ini punya rasa istimewa dan ngangeni. Kupat tahu Pacitan memang salah satu makanan favorit SBY dan mendiang bu Ani karena mantan presiden ini memang berasal dari Pacitan.

Kupat tahu Pacitan mirip dengan kupat tahu Magelang. Salah satu warung kupat tahu Magelang yang jadi favorit pak SBY dan mendiang ibu Ani adalah Kupat Tahu Pojok. Mereka selalu menyisihkan waktu untuk jajan di warung kupat tahu yang legendaris ini.

Seporsi kupat tahu Pacitan berisi campuran kupat atau ketupat, tahu goreng, tauge, irisan kol yang diseduh air panas. Disajikan dengan siraman air bawang putih dan kuah kecap. Penyajiannya juga dilengkapi dengan irisan daun seledri dan kacang goreng.


Rasa gurih manis serta aroma bawang putih menjadikan kupat tahu ini berbeda dengan versi lainnya. Di Pacitan sendiri, banyak penjual kupat tahu yang menjajakan dagangan menggunakan gerobak ataupun di kedai sederhana.

Awal Tahun, SBY Pilih Masak Kupat Tahu Khas PacitanAwal Tahun, SBY Pilih Masak Kupat Tahu Khas Pacitan Foto: instagram @aniyudhoyono

Potret soal SBY yang meracik kupat tahu Pacitan di rumahnya ini menarik banyak perhatian netizen. Banyak yang penasaran dengan rasa kupat tahu Pacitan namun tak sedikit yang justru tertarik dengan aksi masak SBY.

"Sehat selalu pak, suami saya juga dari Pacitan. Emang kupat tahunya seger banget. Salam dari kota seribu goa," kata netizen.

"Almarhum ibu mertua saya juga asli Pacitan pak. Hobinya masak, beliau kalau masak soto atau kupat tahu khas Pacitan selalu enak," sahut netizen lain.

"Belum pernah makan kupat tahu khas Pacitan, tapi jadi salah satu wishlist yang harus dicoba kapan-kapan. Sehat terus pak SBY," pungkas netizen.



Simak Video "Icip-icip Mie Ayam Langganan SBY yang Ada di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com