5 Fakta Cabe Rawit Dicat Merah Demi Harga Tinggi

Devi Setya - detikFood Minggu, 03 Jan 2021 11:30 WIB
Barang bukti cabai rawit diduga dicat warna merah yang beredar di sejumlah pasar di Kabupaten Banyumas, Rabu (30/12/2020). Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Jakarta -

Harga cabe rawit merah sedang melonjak tajam. Inilah yang membuat seorang petani nekat berlaku curang dengan mengecat merah pada cabe rawit hijau agar bisa dijual dengan harganya tinggi.

Temuan soal cabe rawit merah berlumur cat ini pertama kali membuat geger pedagang di Pasar Wage, Purwokerto pada Selasa (29/12). Pedagang ini kemudian melaporkan temuannya sehingga diselidiki lebih lanjut oleh pihak berwajib.

Ternyata cabe rawit merah ini merupakan hasil karya seorang petani cabe curang di Temanggung. Cabe rawit hijau dan kuning sengaja di lumuri cat merah agar tampilannya mirip cabe rawit merah.

Aksi petani ini dipicu oleh harga cabe rawit merah yang tengah tinggi dipasaran. Harga per kilogram cabe ini mencapai Rp 60 ribu sehingga petani tergiur dengan keuntungan besar.

Cabe rawit merah berlapis cat ini tentu saja membuat masyarakat geram karena jika sampai termakan maka akan membahayakan kesehatan.

Berikut fakta soal cabe rawit berlumur cat yang hingga kini masih ramai diperbincangkan.

1. Harga cabe rawit merah di pasaran

Cabe rawit termasuk jenis rawit merah memang kerap mengalami naik turun harga. Pemicu kenaikan harga cab e ini bervariasi, salah satunya karena tipisnya stok cabe akibat gagal panen, musibah atau melonjaknya permintaan pasar.

Beberapa waktu belakangan ini, cabe rawit merah dibanderol dengan harga lebih dari Rp 60.000 per kilogram. Padahal sebelumnya, cabe rawit merah dijual perkilo dengan harga Rp 30 ribuan. Kenaikan harga lebih dari dua kali lipat ini membuat banyak orang mengurangi pembelian cabe rawit merah.

Tak hanya jenis rawit merah saja, jenis cabe rawit hijau dan cabe merah besar juga mengalami kenaikan harga.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "KuTips: Tips Menyimpan Cabai Agar Tak Cepat Busuk"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com