Waduh! Terlalu Banyak Makan Cokelat Bisa Bikin Mabuk

Devi Setya - detikFood Kamis, 31 Des 2020 17:00 WIB
Terlalu Banyak Makan Cokelat Bisa Bikin Mabuk Foto: Getty Images/iStockphoto/tommaso79
Jakarta -

Orang yang mabuk tentu dilarang mengemudikan kendaraan karena akan berbahaya. Ternyata makan cokelat terlalu banyak juga bisa menyebabkan mabuk. Kok bisa?

Dilansir dari Metro (30/12) banyak orang mengonsumsi cokelat di momen Natal. Beberapa jenis cokelat diolah dengan tambahan minuman beralkohol. Konsumsi cokelat jenis ini terlalu banyak maka bisa berpotensi menyebabkan mabuk.

Sebuah penelitian yang dilakukan All Car Leasing menemukan fakta bahwa orang yang mengonsumsi banyak cokelat dengan kandungan alkohol akan berpotensi mabuk. Hal ini berkaitan dengan batas toleran orang yang diperkenankan mengendarai kendaraan.

Terlalu Banyak Makan Cokelat Bisa Bikin MabukTerlalu Banyak Makan Cokelat Bisa Bikin Mabuk Foto: Getty Images/iStockphoto/tommaso79

Setiap orang yang mabuk tentu dilarang membawa kendaraan karena akan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Hal ini juga berlaku bagi orang-orang yang terlalu banyak makan cokelat saat pesta. Kebanyakan jenis cokelat disajikan dengan isian minuman beralkohol.

Di Inggris, jika ketahuan mabuk sambil mengendarai mobil maka akan dikenai denda £ 25.000 (Rp 476 juta) atau kurungan penjara 3 bulan. Saat ini, batas mengemudi sambil minum alkohol di Inggris adalah 35 mikrogram alkohol untuk 100 mililiter napas. Di Skotlandia, jumlahnya 22 mikrogram. Setiap negara memiliki aturan yang berbeda.

Tingkat penyerapan alkohol selalu berbeda pada tiap orang. Hal ini dipengaruhi berat badan, usia,jenis kelamin dan sistem metabolisme tubuh. Belum lagi soal porsi alkohol yang dikonsumsi.

All Car Leasing memperkirakan, makan 30 buah cokelat yang berisi alkohol akan membuat orang melampaui batas aman mengemudi. Demikian juga saat menyantap tiramisu yang biasanya mengandung alkohol sebagai rendaman cake.

Terlalu Banyak Makan Cokelat Bisa Bikin MabukTerlalu Banyak Makan Cokelat Bisa Bikin Mabuk Foto: Getty Images/iStockphoto/tommaso79

Jadi usahakan untuk mengontrol konsumsi olahan cokelat saat menghadiri pesta. Cokelat dengan isian alkohol memang sangat lezat dan beraroma menarik tapi pikir lagi saat kamu harus mengendarai kendaraan.

Cake cokelat, puding cokelat hingga kudapan manis berbahan cokelat dengan tambahan alkohol berpotensi membuat kamu mabuk meskipun kamu tak meneguk minuman beralkohol. Efek paling sederhana dari cokelat ini adalah membuat mata menjadi kantuk.



Simak Video "Masak Masak: Resep Dessert Cone Cokelat dengan Krim Keju"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com