Hidangan Natal Rumahan

Apa Benar Tambahan Rhum pada Kue Bisa Bikin Mabuk?

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 17 Des 2020 14:30 WIB
Christmas fruit cake, pudding on white plate. Copy space Foto: iStock
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan
Jakarta -

Rhum dan jenis minuman alkohol lain sering ditambahkan pada kue untuk penambah rasa. Benarkah rhum ini bisa bikin mabuk?

Pada tiap perayaan seperti natal, tahun baru, maupun ulang tahun cake selalu menjadi pilihan untuk sajian istimewa. Terutama saat natal, ada budaya tradisional yang menghidangkan kue dengan campuran buah-buahan yang direndam rum atau rhum. Tujuannya sebagai pengawet sekaligus penambah rasa.

Ada juga jenis rhum yang tidak mengandung alkohol. Rhum yang tidak mengandung alkohol yaitu rhum sintetis. Rhum jenis ini aman untuk dikonsumsi oleh muslim. Dikenal sebagai esens rhum. Aromanya persis rhum asli tetapi tidak mengandung alkohol.

Selain rhum, jenis minuman alkohol lain yang dipakai antara lain kirsch, baileys, kahlua, dan lain-lain. Tambahan minuman alkohol ini agar cake jadi lebih lembap, aroma dan rasanya lebih enak.

Banyak kabar simpang siur yang menyatakan bahwa campuran rhum pada kue bisa memabukkan. Berikut penjelasannya dilansir dari Times of India (14/12):

Kandungan Rhum Pada Kue

Apa Benar Tambahan Rhum pada Kue Bisa Bikin Mabuk?Apa Benar Tambahan Rhum pada Kue Bisa Bikin Mabuk? Foto: Getty Images/iStockphoto/Ekaterina Senyutina

Rata-rata dalam sebuah kue hanya mengandung 1/2 cup rum atau setara dengan 125 mililiter. Kandungan rhum tersebut masih pada batas aman untuk dikonsumsi beberapa potong.

Kue dengan rhum baru bisa memabukkan jika dimakan dengan cara merendam kue pada rhum dan disimpan beberapa saat pada lemari pendingin. Maka bisa disimpulkan bahwa penggunaan jumlah rhum pada kue masih dalam batas aan dan tidak akan memabukkan.

Dalam pembuatan fruitcake, biasanya buah-buahan kering direndam rhum semalaman agar buah menjadi lembut dan mengembang. Buah kering ini akan menyatu lebih baik dalam adonan dan membuat fruitcake tetap lembap dan harum.

Baca Juga: Resep Kue: Canneles de Bordeaux

Pemanggangan Mengurangi Alkohol

Apa Benar Tambahan Rhum pada Kue Bisa Bikin Mabuk?Apa Benar Tambahan Rhum pada Kue Bisa Bikin Mabuk? Foto: Getty Images/iStockphoto/Ekaterina Senyutina

Ketika menambahkan rhum ke adonan kue, kandungan alkohol pada rum tidak akan tetap utuh hingga kue tersebut matang. Akibat proses pemanggangan persentase alkohol akan menguap dan berkurang.

Alkohol yang rentan terhadap panas dan memiliki titik didih yang rendah membuat alkohol akan mudah menguap. Kehadiran rhum tetap sebagai rasa dalam kue panggang dan kue rhum ini tidak mengandung cukup rum untuk membuat mabuk.

Baca Juga: Rumball, Bola Manis dari Jerman

(adr/odi)
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com