BBQ Tahun Baru

5 Tips Bikin Jagung Bakar yang Creamy Gurih untuk BBQ

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 31 Des 2020 08:00 WIB
Grilled corn close-up Foto: iStock
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru

3. Panggang dengan arang

jagung bakarjagung bakar Foto: SeriousEats / WashingtonPost / Livestrong

Memanggang jagung cukup mudah. Untuk panggangannya bisa menggunakan panggangan listrik, grill pan atau panggangan kawat di atas kompor.

Tapi yang paling enak jika jagung dibakar langsung di atas panggangan arang yang mengepul panas. Bulir-bulir jagung matang lebih sempurna, dan teksturnya lebih renyah dibandingkan dipanggang menggunakan alat lain.

Menurut Chef Made jika tidak punya panggangan arang, bisa panggang pakai grill pan atau alat panggang lainnya. Tapi potong-potong jagung menjadi beberapa bagian agar lebih cepat matangnya.


4. Bumbu marinasi spesial

susu full-cream buat langsingsusu full-cream buat langsing Foto: LIvestrong/GettyImages

"Kalau jagung bakar di The Laguna itu biasanya dimarinasi menggunakan susu full cream. Jadi agar rasanya lebih creamy dan gurih, kita mencelupkan jagung yang sudah dikupas ke dalam larutan susu," jelas Chef Made.

Agar tidak terlalu kental, susu full cream bisa ditambahkan dengan air putih sedikit. Celupkan jagung hingga seluruh bagiannya tenggelam di susu. Diamkan selama 10-15 menit agar susu meresap ke bulir-bulir jagung sebelum dipanggang.

"Diamkan jagung di dalam susu full cream selama 10-15 menit. Susu ini yang membuat rasa jagung saat dimakan lebih creamy," lanjut Chef Made.

Selain susu full cream, jagung bisa juga dicelupkan ke susu segar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com