Ozoni, Makanan Tradisional Khusus Tahun Baru di Jepang

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 01 Jan 2021 15:00 WIB
Ozoni, Makanan Tradisional Khusus Tahun Baru di Jepang Foto: Tsunagu Japan
Jakarta -

Bukan sajian BBQ yang dinikmati warga Jepang saat tahun baru. Tetapi ozoni, racikan sup istimewa yang wajib disantap di tahun baru.

Setiap kebudayaan memiliki tradisi dan kepercayaan yang berlaku pada wilayah itu secara khusus. Mereka memiliki caranya masing-masing untuk merayakan datangnya tahun baru.

Jepang, sebagai negara yang menjunjung tinggi budayanya juga memiliki budaya terkait makanan khusus. Mereka menyajikan ozoni, olahan sejenis mochi yang harus hadir dalam setiap perayaan tahun baru.

Mengutip dari Tsunagu Japan (24/12), ozoni merupakan hidangan sup kue beras sejenis mochi yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari miso atau kecap. Bahan lainnya yang digunakan untuk melengkapi ozoni ini biasanya berupa wortel, lobak, jamur dan daun bawang.

Ozoni sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang tentang mengapa ozoni disajikan di tahun baru. Sejarah ozoni dimulai pada saat penyajiannya pertama kali pada periode Heian (794-1192 Masehi).

Bahan utama ozoni, yaitu mochi, diartikan sebagai pembawa keberuntungan dan harus disajikan pada setiap perayaan sejak lampau. Penyesuaian makan mochi ini terus dilakukan hingga akhirnya tercipta ozoni yang sampai sekarang disajikan pada setiap perayaan tahun baru.

Mochi yang digunakan dalam sup ozoni dapat berbentuk bulat atau persegi panjang. Penggunaan mochi ini tergantung pada wilayah setempat sup ozoni dibuat. Di Jepang bagian barat mayoritas sup ozoni menggunakan mochi bulat dan di Jepang bagian timur mayoritas sup ozoni menggunakan mochi persegi panjang.

Mochi berbentuk bulat dikatakan memiliki arti berdasar kanjinya circle 円 ("en") yang bermakna harmonis atau damai 円満("enman"). Sementara itu, mochi persegi panjang muncul karena alasan yang lebih praktis.

Pada periode Edo (1603 - 1867), ketika populasi di Ibukota wilayah jepang bagian timur mulai meningkat tajam pembuatan mochi persegi panjang digantikan menjadi bentuk lingkaran agar dapat menghasilkan lebih banyak mochi dalam waktu singkat. hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan makanan pada masyarakat di Jepang bagian timur pada masa itu.

Penggunaan mochi dalam sup ozoni dapat diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau digoreng. Mochi goreng adalah yang paling jarang dibuat dari ketiganya, tetapi menghasilkan tekstur yang lebih renyah dan lebih lezat jika dibandingkan dengan ketiganya.

Kuah yang digunakan dalam pembuatan sup ozoni secara menggunakan "sumashi" atau kaldu sederhana yang dibumbui dengan kecap dan garam, miso putih atau yang lebih manis, kurang asin, miso ringan dengan rasanya yang lebih asin daripada miso putih dan atau sup kacang merah. Ada juga varian lainnya seperti "mentsuyu" atau sup yang terbuat dari makanan laut.

Baca Juga: Miris! Seorang Pria Tewas Karena Tersedak Mochi Tahun Baru

Berikut ini beberapa jenis sup ozoni yang berasal dari beberapa daerah di Jepang:

1. Ozoni dari Hokkaido

Ozoni, Makanan Tradisional Khusus Tahun Baru di JepangOzoni, Makanan Tradisional Khusus Tahun Baru di Jepang Foto: Tsunagu Japan

Ozoni Hokkaido menggunakan mochi panggang berbentuk persegi
panjang, wortel, bawang hijau, dan spesialisasi Hokkaido lainnya seperti ikura atau telur salmon. Sup ozoni Hokkaido menggunakan kaldu sumashi dengan bahan dasar kecap.

Di wilayah Ishikari di Hokkaido, ozoni lokal menampilkan kaldu berbasis miso dengan gaya "Ishikari nabe" atau yang berarti hotpot. Varian sup ozoni ini diisi dengan mochi panggang dan bahan-bahan Hokkaido lokal seperti salmon, kentang, dan ikura.

2. Ozoni dari Iwate

Ozoni, Makanan Tradisional Khusus Tahun Baru di JepangOzoni, Makanan Tradisional Khusus Tahun Baru di Jepang Foto: Tsunagu Japan

Di daerah Miyako di Iwate, sup ozoni setempat dihidangkan dengan kaldu sumashi yang terbuat dari sarden kering dan kecap. Bahan-bahannya termasuk mochi panggang yang berbentuk persegi panjang, lobak daikon, wortel, akar burdock, dan salmon.

Ciri khas dari supozoni ini adalah bahan-bahan dicelupkan ke dalam sauswalnutsebelum makan yang terbuat dari walnut bubuk yang diberi gula. Kombinasi kaldu asin dan saus manis dan lembut menciptakan perpaduan rasa yang indah dan lezat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Cake Krim Cokelat Keju yang Lumer"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com