Miris! Seorang Pria Tewas Karena Tersedak Mochi Tahun Baru

Devi Setya - detikFood Jumat, 04 Jan 2019 12:58 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Masyarakat Jepang punya hidangan khas yang selalu disantap untuk menyambut tahun baru. Sayangnya makanan berupa mochi ini kerap menelan korban jiwa.

Makanan yang dikenal dengan nama ozoni ini bukan berbahaya karena bahan bakunya, melainkan karena teksturnya. Ozoni adalah sup mochi hangat yang memiliki makna umur panjang dan dianggap membawa keberuntungan di tahun yang baru.
Miris! Seorang Pria Tewas Karena Tersedak Mochi Tahun BaruFoto: Istock

Baca juga : Mochi Masih Jadi Makanan Tahun Baru Nomor 1 di Jepang yang Mematikan

Ozoni berisi mochi kenyal berbentuk bulat yang biasa diisi dengan kacang tanah. Penyajiannya disertai kuah kaldu gurih yang hangat. Sup ini terbilang sehat namun bisa menyebabkan kematian ketika salah cara makannya.

Dikabarkan Soranews 24 (4/1) mochi pada ozoni memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Saat makan mochi pada sup ini orang cenderung menyantapnya dalam bentuk utuh. Sayangnya karena ukuran mochi yang terlalu besar ini banyak orang tersedak.

Tak sedikit orang yang tersedak karena mochi meluncur dalam tenggorokan sebelum dikunyah. Saat mochi bersarang di tenggorokan, seseorang akan langsung panik karena mochi sulit ditelan maupun dimuntahkan.

Mochi yang menyumbat tenggorokan otomatis menghalangi aliran udara pernafasan. Hal ini lah yang membuat orang lemas hingga berujung pada kematian.
Miris! Seorang Pria Tewas Karena Tersedak Mochi Tahun BaruFoto: Istock

Malam tahun baru 2019, hidangan ini kembali merenggut korban. Petugas di Tokyo melaporkan pada pukul 4 dini hari di tanggal 1 Januari, ada 10 orang yang dibawa ke rumah sakit karena tersedak mochi.

Sepuluh korban ini memiliki rentang usia 27 hingga 98 tahun. Tujuh orang diantaranya berusia lebih dari 60 tahun.

Baca juga : Makan Mochi Bisa Berujung Kematian

Petugas medis berhasil menyelamatkan 9 korban namun sayangnya seorang lelaki berusia 80 tahun harus meregang nyawa di rumah sakit karena tidak tertolong.

Mendapati kabar ini, para petugas di Tokyo menyarankan masyarakat agar menyantap mochi dengan cara dipotong-potong. Selain itu, mochi juga harus dikunyah sebelum ditelan. Hal ini harus dilakukan agar tidak ada kasus-kasus tersedak lainnya.

(dvs/odi)