BBQ Tahun Baru

Begini Cara Memilih Salmon untuk Sajian BBQ

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 31 Des 2020 07:30 WIB
Begini Cara Memilih Salmon untuk Sajian BBQ Foto: iStock
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru

Segar dan Beku

Begini Cara Memilih Salmon untuk Sajian BBQBegini Cara Memilih Salmon untuk Sajian BBQ Foto: iStock

Jika hidup di daerah penghasil salmon akan sangat mudah untuk mendapatkan salmon segar yang baru ditangkap dari laut. Tetapi memilih salmon yang beku juga bukan hal yang buruk.

Salmon yang dijual secara segar di supermarket juga sebenarnya pernah dibekukan. Sebelum salmon tiba di toko atau supermarket, salmon dikirimkan dalam kondisi beku yang kemudian dilumerkan kembali untuk mengembalikan kesegarannya.

Pembekuan salmon ini memiliki tujuan untuk menjaga rasanya, tekstur, mengunci nutrisinya agar tidak berubah dengan saat salmon masih segar. Salmon yang dibekukan juga dimaksudkan untuk menghindari kerusakan salmon saat pengiriman.

Potongan dan Penampilan

Begini Cara Memilih Salmon untuk Sajian BBQBegini Cara Memilih Salmon untuk Sajian BBQ Foto: iStock

Potongan salmon yang dipilih tergantung hidangan dan pengolahan yang ingin dihasilkan dari salmon tersebut. Salmon bagian pinggir atau sisi juga menjadi pilihan terbaik jika ingin membuat salmon asap.

Jika ingin menyajikan untuk porsi yang lebih sedikit, bisa memilih salmon satuan yang masih ada kulitnya. Salmon jenis ini akan lezat jika diolah dengan teknik pan seared.

Salmon satuan yang masih ada kulitnya dan beberapa tulangnya mungkin butuh penangan khusus untuk mengeluarkan duri-durinya. Tetapi jenis salmon ini akan menghasilkan steak salmon atau salmon panggang yang lebih lezat dibanding penggunaan jenis lain.

Baca Juga: Tips Simpan Ikan Salmon agar Tahan Lama

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Rahang Tuna Bakar Sambal Rica-rica"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com