BBQ Tahun Baru

Bumbu Sate Ayam Manis, Sate Madura dan Taichan yang Mantap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 31 Des 2020 11:30 WIB
sate taichan kuy Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru
Jakarta -

Selain barbeque daging, pesta tahun baru makin lengkap dengan sate ayam. Ada pilihan sate ayam manis, sate ayam Madura, atau sate taichan yang pedas mantap.

Sate ayam jadi menu populer untuk merayakan tahun baru. Membuatnya praktis, rasanya enak, dan jadi favorit anak-anak hingga orang tua.

Membuat sate ayam terlihat mudah karena tinggal membakar potongan daging ayam lalu melumurinya dengan bumbu. Namun ada trik supaya hasilnya daging sate terasa empuk dan bumbunya enak.

Mengenai jenisnya, sate ayam bisa dibuat dengan bumbu manis yang minimalis, bumbu sate ayam Madura yang terkenal nikmat, atau yang kekinian berupa sate ayam taichan.

Sebelum siap-siap bakar sate pada malam tahun baru, berikut tips dan resep membuat sate yang bisa kamu praktikkan di rumah:

1. Tips bikin sate

tips bikin sate ayamFoto: iStock

Membuat sate ayam diawali dari memilih potongan daging ayam yang tepat. Gunakan bagian paha atau dada ayam broiler karena lebih juicy dan cepat empuk ketika dipanggang.

Potong-potong daging ayam dengan ukuran merata. Biasanya 2X2X1 cm. Dengan begini sate ayam akan matang secara merata.

Lalu untuk tusukan sate, sebaiknya direndam dulu di air sebentar sebelum dipakai. Tujuannya supaya tusuk sate tidak mudah terbakar saat kena api.

Kalau mau membuat bumbu olesan sate sendiri juga mudah. Caranya, lelehkan lemak ayam lalu campur dengan sedikit kecap manis dan bawang putih yang digerus halus.

Oleskan bumbu ini pada sate beberapa kali sambil balik-balik agar matang merata dan tidak gosong. Sate pun siap disajikan dengan pelengkap seperti sambal kecap atau sambal kacang. Jangan lupa juga siapkan kucuran air jeruk nipis supaya sate ayam terasa sedikit segar.

Selanjutnya
Halaman
1 2
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru
FOKUS BERITA BBQ Tahun Baru

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com