Ternyata Dandan Saat Makan, Buat Orang Pilih Makanan Sehat

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 30 Des 2020 14:32 WIB
Ternyata Dandan Saat Makan, Buat Orang Pilih Makanan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Kamonchai Mattakulphon
Jakarta -

Meski terlihat tidak berhubungan. Ternyata dandan saat makan bisa mempengaruhi orang untuk memilih makanan yang lebih sehat.

Banyak eksperimen yang menemukan bahwa orang-orang yang berpakaian lebih rapih dan dandan saat makan. Memiliki pilihan makanan yang lebih sehat, dibandingkan mereka yang hanya mengenakan kaos dan jeans biasa.

Baca Juga: YouTuber Jadi Penyebab Anak-anak Makan Lebih Banyak Kalori

Dilansir dari Daily Mail UK (29/12), penelitian ini membagi dua kategori. Pertama orang-orang yang mengenakan pakaian rapih, serta orang-orang yang berpakaian biasa saja saat makan.

Ternyata Dandan Saat Makan, Buat Orang Pilih Makanan SehatTernyata Dandan Saat Makan, Buat Orang Pilih Makanan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Kamonchai Mattakulphon

Dari penelitian ini mereka menemukan bahwa orang-orang yang dandan dan berpakaian rapih, punya pilihan makanan yang lebih sehat seperti salad. Sementara orang-orang dengan pakaian yang kurang rapih, lebih memilih hamburger dan makanan junk food lainnya.

Tak hanya satu penelitian saja. Ada juga penelitian yang melibatkan 79 mahasiswa di salah satu universitas di China. Dalam penelitian itu tampak mahasiswa yang mengenakan pakaian rapih menolak makanan tak sehat.

Sementara mahasiswa yang berpakaian kasual, menerima tawaran makanan tak sehat seperti keripik kentang. Bahkan tingkat perbedaannya hampir 40%, di mana orang-orang yang dandan dan berpakaian rapih ini menolak makanan tak sehat.

Kemudian di eksperimen lainnya, orang-orang dibagi ke dalam dua grup dari pakaian yang mereka kenakan. Hasilnya juga sama, orang-orang yang berpakaian lebih rapih memilih makanan yang lebih sehat.

Ternyata Dandan Saat Makan, Buat Orang Pilih Makanan SehatTernyata Dandan Saat Makan, Buat Orang Pilih Makanan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Kamonchai Mattakulphon

Menurut salah satu jurnal yang diterbitkan dalam Journal of Business Research. Konsumen yang mengenakan pakaian kasual memang lebih suka makanan yang enak. Karenanya mereka sering memilih makanan yang yang kurang sehat.

Lalu kesimpulan dari beberapa peneliti China, mereka mengungkapkan bahwa orang-orang yang dandan dan berpakaian lebih rapih, punya tingkat kontrol diri yang lebih baik.

"Obesitas sudah menjadi isu yang ada sejak lama. Penelitian lebih lanjut tentang efek dari pemilihan pakaian dan makanan diperlukan lebih lanjut," pungkas Xuehua Wang, profesor dari penelitian di China.

Tak hanya pakaian saja yang berpengaruh pada pemilihan makan seseorang. Sebelumnya foto-foto makanan di media sosial pun punya pengaruh pada pola makan seseorang.

Baca Juga: Foto Makanan di Media Sosial Pengaruhi Pola Makan? Begini Faktanya



Simak Video "Makanan Sehat dan Lokal Jadi Tren 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com