7 Kesalahan Penggunaan Kulkas Ini Masih Dilakukan Banyak Orang

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 29 Des 2020 13:00 WIB
Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Pakai Rak Kawat Foto: iStock

3. Menyimpan Produk Olahan Susu di Bagian Luar

Susu atau yogurt jadi bahan makanan yang paling sering diambil untuk sarapan. Menyimpannya di bagian luar, terutama di bagian pintu kulkas, mungkin akan menjadi cara yang efektif.

Tetapi, menyimpan produk olahan susu di bagian pintu kulkas dapat merusak bahan tersebut dengan cepat. Mengingat bagian pintu kulkas adalah bagian paling hangat di dalam kulkas. Sedangkan, produk olahan susu butuh suhu yang rendah (dingin) untuk menghindari bakteri tumbuh dengan cepat dan merusak bahan tersebut.

4. Memasukan Makanan Panas ke Kulkas

Cara Menyimpan Makanan Saat Listrik Matikesalahan penggunaan kulkas Foto: iStock

Sudah banyak anjuran yang mengatakan jangan sekali-sekali memasukan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Ini peringatan yang baik, tetapi tidak benar secara keseluruhan.

Departemen Kesehatan Washington mengatakan menyimpan makanan bisa dalam kondisi yang belum sepenuhnya dingin. Ini yang harus dilakukan. Cara menyimpan makanan panas yang benar adalah dengan melalui 2 tahap pendinginan; pendinginan suhu ruang (setidaknya 70 derajat celcius), kemudian baru masuk ke kulkas.

5. Menyimpan Buah dan Sayuran di Kulkas

Kesalahan Penggunaan Kulkas, Apa Saja?Kesalahan Penggunaan Kulkas, Apa Saja? Foto: iStock

Buah dan sayuran memang terlihat seperti bahan makanan yang cocok untuk disimpan di kulkas. Tetapi menyimpannya bersamaan akan menjadi kesalahan besar yang dapat merusak kedua jenis bahan makanan tersebut..

Merujuk pada The Kitchn, beberapa jenis buah dan sayur akan mengeluarkan gas bernama ethylene dalam proses pematangan buah. Sedangkan buah lainnya tidak. Buah dan sayur yang megeluarkan ethylen akan merusak buah dan sayur yang tidak megeluarkan ethylen dan membuatnya cepat busuk jika disimpan bersamaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com