Covid-19 Mewabah di Pasar, Thailand Bikin Sertifikasi Produk Seafood

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 29 Des 2020 15:30 WIB
Thailand Bikin Sertifikasi Seafood Foto: iStock
Jakarta -

Belum lama ini produk seafood di Thailand diberi tanda 'Covid-Safe'. Label tersebut menandakan bahwa produk seafood yang dijual terbebas dari virus Covid-19.

Pandemi Covid-19 memberi banyak dampak untuk beragam sektor usaha, tak terkecuali perdagangan. Pelakunya harus bersinergi agar produk mereka bisa terjual.

Seperti yang dilakukan pihak Departemen Perikanan Thailand yang memberikan sertifikasi atau tanda 'Covid-Safe' pada produk seafood mereka. Dilansir dari The Nation Thailand (28/12), pemberian sertifikasi ini sudah diberlakukan sejak 26 Desember 2020.

Langkah Departemen Perikanan Thailand ini bertujuan guna membangun kepercayaan konsumen terhadap hasil perikanan Thailand dari dalam maupun luar negeri. Karena produk seafood Thailand juga banyak yang diekspor ke beberapa negara tetangga.

Thailand Bikin Sertifikasi SeafoodThailand Bikin Sertifikasi Seafood Foto: The Nation Thailand

Baca Juga: Temukan Virus Corona di Talenan, Pasar di Beijing Berhenti Jual Salmon

Sejauh ini sudah ada 60 eksportir yang telah mengajukan sertifikasi keamanan pangan baru tersebut. Mesak Pakdeekong, Kepala Departemen Perikanan Thailand mengatakan kalau pandemi Covid-19 di Pasar Samut Sakhon telah menyebar di daerah lain.

Hal itu memicu kekhawatiran publik atas keamanan pangan dan mengancam mata pencaharian di industri perikanan. Oleh karenanya dibuatlah sertifikat keamanan tersebut.

Ada dua sertifikat keamanan Covid-19 terbaru di Thailand. Pertama, mencakup sektor kapal penangkapan ikan, pasar ikan, sistem transportasi, pengecer, dan pasar perdagangan modern. Lalu, yang kedua berlaku untuk sektor pertanian, transportasi, dan pasar.

Thailand Bikin Sertifikasi SeafoodThailand Bikin Sertifikasi Seafood Foto: The Nation Thailand

Sertifikasi ini akan ditandai pada kemasan produk. Harapannya ialah bisa membangun kepercayaan konsumen.

"Departemen Perikanan akan memeriksa Covid-19 dari hasil pertanian atau diturunkan dari kapal penangkap ikan. Pekerja perikanan, petani, dan mereka yang menerima produk semuannya harus bebas Covid-19 untuk disertifikasi. Sertifikasi ini akan dimulai 26 Desember," kata Mesak.

Produk seafood yang diberikan tanda sangat beragam. Diantaranya kepiting biru kukus, banana shrimp, udang rebus, udang air tawar jumbo, udang mantis, king mackerel, kakap, hingga lele.

Sejauh ini Laos telah menolak Thailand untuk melakukan ekspor seafood ke negara mereka. Karena, mereka khawatir seafood yang dikirimkan oleh Thailand terkontaminasi Covid-19.

Baca Juga: 5 Fakta Warga China Takut Makan Salmon Karena Virus Corona

(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com