Kakek 78 Tahun Ini Semangat Jual Es Lilin, Sehari Cuma dapat Rp 12 Ribu!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 28 Des 2020 18:30 WIB
Kakek Penjual Es Lilin Foto: Instagram @kitabisacom
Jakarta -

Walaupun usianya sudah senja, kakek 78 tahun ini tetap semangat jualan es lilin dengan mengayuh sepedanya yang usang. Setiap hari dagangannya hanya laku 6 buah.

Banyak kisah perjuangan penjual makanan yang sudah lansia. Tapi, di usianya yang sudah senja mereka masih semangat berjualan.

Seperti kisah dari seorang kakek di Jember, Jawa Tengah yang tetap semangat menjual es lilin. Kakek ini bernama Jali berusia 78 tahun, seperti dilansir dari akun Instagram @kitabisacom (18/12).

Kakek Penjual Es LilinKakek Penjual Es Lilin Foto: Instagram @kitabisacom

Kakek Jali setiap harinya menjajakan es lilin menggunakan sepedanya yang usang. Dengan kondisinya yang tak lagi prima, kakek Jali semangat keliling kota Jember untuk menjual es lilinnya.

Baca Juga: Kisah Haru Kakek 70 Tahun Jualan Garam Keliling Pakai Sepeda

Dalam sehari, es lilin itu biasanya terjual 6-10 buah saja. Pendapatannya dalam sehari hanya berkisar Rp 12.000. Jika dikalkulasikan dalam sebulan, kakek Jali hanya memiliki pendapatan sebesar Rp 360 ribuan.

Kakek Penjual Es LilinKakek Penjual Es Lilin Foto: Instagram @kitabisacom

Terkadang, kakek Jali juga memberikan es lilin secara gratis pada bocah-bocah yang ia temui di jalan. Karena kakek Jali merasa senang kalau bocah itu tersenyum ketika menerima es lilinnya.

Kakek Jali ternyata juga mengidap penyakit yang terbilang langka. Lehernya jadi miring karena penyakit tersebut.

Ia hidup dengan sang istri di rumahnnya yang sederhana. Istrinya juga lumpuh total karena mengalami kecelakaan 6 bulan lalu.

Kakek Penjual Es LilinKakek Penjual Es Lilin Foto: Instagram @kitabisacom

Walaupun begitu, kakek Jali tetap sabar dan penuh kasih sayang ketika mengurus sang istri. Dalam video, terlihat kakek Jali menyuapi makan sang istri.

Kakek Jali sempat mengatakan kalau ia memiliki mimpi. Mimpinya bisa tetap sehat dan memiliki hidup yang layak dengan sang istri.

Sebelumnya, ada seorang kakek berusia 85 tahun yang juga semangat berjualan. Ia berjualan buah mangga demi pengobatan sang istri.

Kakek yang dikenal dengan nama Sarim ini menjual mangga di depan rumahnya. Namun, sayangnya mangga yang ia jual ini tak banyak laku terjual karena rasanya yang asam.

Baca Juga: Kisah Kakek 85 Tahun Semangat Jualan Mangga Demi Obat Istri



Simak Video "Ditangkap! Ini Wajah Pengunggah Kolase Ma'ruf-Kakek Sugiono'"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com