Teh atau Kopi? Pilihan Minum di Pagi Hari Bisa Tunjukkan Kepribadianmu

Riska Fitria - detikFood Senin, 28 Des 2020 06:00 WIB
Teh atau Kopi? Pilihan Minum di Pagi Hari Bisa Tunjukkan Kepribadianmu Foto: iStock
Jakarta -

Ternyata pilihan minuman di pagi hari bisa menggambarkan kepribadian seseorang. Peminum kopi dan teh punya kepribadian yang berbeda jauh. Ini penjelasannya.

Lewat sebuah studi, para peneliti mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan pilihan minuman di pagi hari. Umumnya, kopi dan teh merupakan minuman yang paling sering dipilih untuk mengawali hari.

Peminum teh dan peminum kopi ternyata memiliki kepribadian yang berbeda jauh. Dalam penelitian ini, para peneliti melibatkan partisipan sebanyak 2.000 orang Amerika.

Baca Juga : Teh Putih atau Teh Hijau? Teh Favorit Cerminkan Kepribadian Anda

Teh atau Kopi? Pilihan Minum di Pagi Hari Bisa Tunjukkan KepribadianmuTeh atau Kopi? Pilihan Minum di Pagi Hari Bisa Tunjukkan Kepribadianmu Foto: iStock

Hasil penelitian menemukan peminum kopi dalam sehari biasanya minum 3 hingga 4 cangkir. Sementara peminum teh biasanya minum sebanyak 2 hingga 7 cangkir.

Para peneliti menyebut bahwa orang yang lebih memilih kopi di pagi hari adalah sosok yang kreatif dan tertutup. Berbeda dengan peminum teh yang lebih cenderung terbuka dan suka begadang.

Lebih lanjut, para peneliti mengatakan bahwa semua kafein pada kedua minuman tersebut berdampak pada siklus tidur. Mengingat peminum kopi ternyata lebih cenderung tidur dalam waktu sebentar.

Sementara 57% dari peminum teh rata-rata menggambarkan dirinya waktu tidurnya seimbang. Jika peminum kopi adalah orang yang tidak bisa tidur nyenyak.

Teh atau Kopi? Pilihan Minum di Pagi Hari Bisa Tunjukkan KepribadianmuTeh atau Kopi? Pilihan Minum di Pagi Hari Bisa Tunjukkan Kepribadianmu Foto: iStock

Mungkin itu bisa jadi yang membantu mereka mendengar alarm pertama dan tepat waktu. Pasalnya penggemar kopi biasanya sering menyebut diri mereka sendiri 'selalu tepat waktu'.

"Dengan lebih dari 75% responden meminum secangkir kopi atau teh pertama mereka sebelum jam 8 pagi. Orang-orang pasti mencari sumber energi mereka sebelum beraktivitas," ujar peneliti.

Pilihan kedua minuman tersebut juga bisa mempengaruhi selera menonton film. Peminum teh lebih cenderung suka menonton film "The Walking Dead", "Friends", dan "The Big Bang Theory" di TV, sementara penggemar kopi lebih menyukai "Grey's Anatomy", "The Office", dan "Seinfeld".

Teh atau Kopi? Pilihan Minum di Pagi Hari Bisa Tunjukkan KepribadianmuTeh atau Kopi? Pilihan Minum di Pagi Hari Bisa Tunjukkan Kepribadianmu Foto: iStock

Begitu pun dengan selera musik. Hasil penelitian menemukan bahwa peminum kopi lebih suka mendengarkan musik punk, rock, blues dan jazz. Sementara peminum teh lebih suka musik klasik, country, pop, atau hip-hop atau rap.

Untuk urusan menikmati minuman, pecinta kopi 96% lebih mungkin menikmati minuman mereka secara langsung daripada peminum teh. Kemudian, 35% pecinta teh lebih cenderung menyukai makanan manis dan menambahkan gula ke minuman mereka.

Peneliti mengungkap bahwa jumlah kafein menjadi faktor seseorang menyukai kopi atau teh. Sebanyak 41% partisipan lebih suka minum kopi karena jumlah kafeinnya banyak. Dan 37% peminum teh mengaku kopi terlalu banyak kafein, sehingga mereka lebih memilih teh.

Baca Juga : 6 Kepribadian Seseorang Berdasarkan Teh Favorit, Kamu yang Mana?



Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com