Bu Risma, Ini Pecel Lele dan Nasi Bebek Enak di Jakarta

Devi Setya - detikFood Sabtu, 26 Des 2020 14:00 WIB
Bu Risma, Ini Pecel Lele dan Nasi Bebek Enak di Jakarta Foto: twitter @taufichhilman
Jakarta -

Tri Rismaharini atau akrab disapa Bu Risma siap berkantor di Jakarta sebagai Menteri Sosial. Netizen pun memberikan saran dan gambaran soal makanan dan kebiasaan makan masyarakat Jakarta.

Risma yang ditunjuk sebagai Mensos baru tentunya harus beradaptasi dengan kehidupan di Jakarta. Untuk membantu Risma agar lebih mudah dan betah tinggal di Jakarta, seorang netizen memberikan beberapa panduan dan saran. Termasuk soal makanan dan kebiasaan makan di Jakarta.

Lewat akun twitternya @taufichhilman, pria bernama Taufich ini menuliskan 10 saran untuk Risma. Mulai dari suhu udara di Jakarta yang berbeda dengan Surabaya hingga tips aman saat naik KRL di Jakarta.

Bu Risma, Ini Pecel Lele dan Nasi Bebek Enak di JakartaBu Risma, Ini Pecel Lele dan Nasi Bebek Enak di Jakarta Foto: twitter @taufichhilman

Tak ketinggalan, ada 4 saran juga seputar makanan. Taufich menyebutkan beberapa makanan dan cara makan yang bisa diterapkan Risma saat berada di Jakarta.

"Orang jual pecel lele di Jakarta kebanyakan perantau dari Lamongan bu, ajak ngomongnya pakai Bahasa Jawa aja, biar kaya keluarga, mmm.. sama biar kalo nambah sambel gak sungkan sih hehe," kata Taufich.

Tak hanya tips jajan pecel lele, pria ini juga memberi tahu Risma kalau nasi goreng di Jakarta berbeda dengan nasgor ala Surabaya yang berwarna merah. "Nasi goreng di Jakarta beda sama di Surabaya bu, warnanya gak merah. Nanti bu Risma jangan kaget. Aneh emang di sini," lanjutnya.

Cuitan yang dibagikan pada 24 Desember 2020 ini kemudian mendapat tanggapan dari banyak netizen yang ikut ngakak sekaligus setuju dengan saran ini. Taufich bahkan menyebutkan kalau di Jakarta tak ada nasi bebek yang enaknya seperti di Surabaya.

"Nasi bebek di Jakarta gak ada yang semantep nasi bebek di Surabaya bu, kalau boleh nitip 1 bu ya pas bu Risma ke Jakarta. Cak Yudi boleh, Wachid Hasyim boleh, pak Qomar juga boleh," lanjut Taufich yang justru malah menitip nasi bebek.

Dan terakhir, Risma juga mendapat saran saat memesan soto. Di Jakarta, soto disajikan terpisah dengan nasinya, beda dengan di Jawa Tengah atau Jawa Timur yang identik menyajikan soto secara campur.

"Bu Risma kalau pesen soto ayam jangan lupa bilang nasinya dicampur, orang Jakarta suka aneh bu, semua jenis soto nasinya dipisah. Gak masuk akal," pungkas Taufich.

Deretan saran untuk Bu Risma ini kemudian mengundang reaksi netizen, namun Risma sendiri belum meresponnya.

"Jadi penasaran nasi bebek di Sby gimana. Baru nyobain bebek Madura aja di Jkt, dan ternyata enak. Sejauh ini ngerasa paling enak bebek sinjay di belakang BC Rawamangun, tapi kurang pedes. Di Matraman ada yg enak pedes, tapi kurang gurih," beber netizen.

nasi bebek surabayanasi bebek surabaya Foto: Istock

"Nasi bebek dan nasgornya emg beda jauh sm surabayaWajah menangis kencangkangen nsgor surabaya yang acarnya ga pakai wortel atau bawang merah Tertawa berguling di lantai cuman timun n lombok aja udah mantep," kata netizen.

Kira-kira Risma akan mengikuti saran netizen ini nggak ya?



Simak Video "Bikin Laper: Chinese Food yang Pedas Nikmat di Long Feng Tang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com