Jelang Dilantik, Khofifah Ajak Gus Ipul dan Risma Makan Lorjuk hingga Durian

Devi Setya - detikFood Selasa, 12 Feb 2019 11:10 WIB
Foto: Instagram@khofifa.ip Foto: Instagram@khofifa.ip
Jakarta - Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan akan dilantik menjadi Gubernur Jatim. Sebelum mengemban tugas baru, ia mengajak Risma dan Gus Ipul makan bareng.

Dari jadwal yang sudah ditetapkan, pasangan Khofifah dan Emil Dardak rencananya akan dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur pada Rabu, 12 Februari 2019. Pasangan ini menggantikan Soekarwo dan Gus Ipul yang menjabat sebelumnya.

Jelang Dilantik, Khofifah Ajak Gus Ipul dan Risma Makan Lorjuk hingga DurianFoto: Instagram@khofifa.ip

Sebagai salah satu cara bersilaturahmi, Khofifah mengajak dua tokoh Jatim untuk menyantap hidangan bersama. Terlihat dalam Instagramnya, wanita berhijab ini asyik makan bersama Gus Ipul serta walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Baca juga : Khofifah Indar Parawansa Ternyata Doyan Ngopi dan Makanan Tradisional

Kegiatan makan bersama ini disebut Risma sebagai Gastro Diplomacy alias Diplomasi Kuliner. Menurut Khofifah, makanan bisa jadi pemersatu hubungan antar tokoh politik ini.

"Inilah yang disebut Gastro Diplomacy alias Diplomasi Kuliner. Betapa makanan mampu mempererat kami (saya, @trirismaharini dan @gusipul_id) meskipun tidak jarang berbeda pandangan maupun sikap politik. Silaturahmi saya bersama dua tokoh Jawa Timur tersebut untuk berkomunikasi, bertukar ide serta gagasan untuk Jawa Timur yang lebih maju," tulis Khofifah dalam keterangan foto yang ia unggah.

Di sini terlihat ada dua foto berbeda yang diunggah Khofifah. Satu foto memperlihatkan ia makan bersama Risma sementara satu foto lagi menujukkan Khofifah memberikan durian pada Gus Ipul.

Jelang Dilantik, Khofifah Ajak Gus Ipul dan Risma Makan Lorjuk hingga DurianFoto: Instagram@khofifa.ip

"Buat Gus Ipul khusus saya bawakan duren dari Wonosalam, Jombang. Sedangkan bersama Bu Risma, saya bersantap hidangan Khas Jawa Timur. Diantaranya ada Lorjuk, kerang bambu dari pesisir pulau Madura yang rasanya gurih dan lezat," lanjut Khofifah.

Baca juga : Gaya Sederhana Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini Saat Makan Rujak dan Nasi Bungkus

Lewat unggahan ini juga Khofifah melontarkan kalimat candaan untuk menyindir para jomblo agar melakukan Diplomasi Kuliner juga. "Buat kamu para jomblo nusantara tidak ada salahnya berdiplomasi lewat kuliner untuk mendapatkan hatinya. Karena pada akhirnya yang nanya 'udah makan belum?' akan kalah sama yang ngomong 'makan bareng yuk'. Coba saja kalau tidak percaya. Maturnuwun," tutup Khofifah.

Tak heran jika Khofifah melakukan Diplomasi Kuliner karena wanita ini memang memiliki hobi kulineran. Ia sering mencicip berbagai makanan termasuk memasarkan berbagai produk kuliner asli Indonesia.

(lus/odi)