Kalori Perkedel Kentang Goreng yang Nikmat, Berapa Sih?

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 26 Des 2020 09:30 WIB
Perkedel, fried mashed potato Foto: iStock
Jakarta -

Perkedel kentang sering kita nikmati sebagai lauk pendamping nasi. Dimasak dengan campuran bumbu yang gurih, perkedel kentang sangat enak karena digoreng dengan kocokan telur.

Perkedel kentang juga selalu ada dalam menu rumah makan Padang. Dalam proses pembuatannya, kentang digoreng terlebih dulu kemudian ditumbuk dan dicampurkan dengan irisan bawang merah dan bawang putih yang sudah ditumis.

Agar teksturnya lembut, perkedel kentang ditambahkan dengan 2 butir kuning telur, merica, pala bubuk, kaldu bubuk dan juga garam.

Sebelum digoreng, adonan kentang dicelupkan ke dalam putih telur yang sudah dikocok kemudian digoreng hingga kecokelatan.

Dalam 100 gram kentang mengandung kalori sebesar 62 kkal, protein 2,1 gr, lemak 0,2 gr dan karbohidrat 13,5 gr.

perkedel kentang ayamperkedel kentang ayam Foto: Getty Images

Satu adonan kentang dengan berat 45 gram yang sudah digoreng mengandung kalori sebesar 111,1 kkal, protein 3,2 gr, lemak 8,19 gr dan lemak 6,12 gr.

Perkedel kentang goreng ini enak dinikmati bersama dengan nasi hangat dan juga soto ayam. Jika ingin menambah kandungan protein hewani, perkedel kentang dapat ditambahkan dengan potongan daging ayam ataupun daging sapi giling.

Bagi yang ingin tahu bagaimana cara membuat perkedel kentang, bisa klik di sini untuk melihat resepnya.



Simak Video "Tips Bikin Kentang Ongklok Keju, Cocok Buat Pelengkap Steak"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com