Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama yang Suka Makan Lesehan ala Santri

Devi Setya - detikFood Rabu, 23 Des 2020 15:00 WIB
Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama yang Suka Makan Lesehan Foto: instagram @ansor_satu
Jakarta -

Yaqut Cholil Qoumas atau dikenal sebagai Gus Yaqut ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Agama. Pria kelahiran Rembang ini dikenal sebagai sosok sederhana yang dekat dengan masyarakat.


Gus Yaqut menjadi satu dari enam menteri baru yang ditunjuk Presiden Jokowi untuk bergabung di Kabinet Indonesia Maju. Gus Yaqut menggantikan Menteri Agama terdahulu Fachrul Razi.

Tak banyak yang tahu profil Gus Yaqut, namun pria bersahaja ini dikenal sederhana, termasuk soal urusan makan. Bahkan lewat instagram pribadinya, Gus Yaqut kerap mengunggah foto momen makan sederhana yang selalu dilakoninya.

Gus Yaqut punya hobi makan ala santri yakni makan beramai-ramai menggunakan piring besar. Cara makan seperti ini dianggap bisa mempererat tali persaudaraan.

Berikut deretan momen makan Gus Yaqut, Menteri Agama baru.

1. Suka makan lesehan ala santri

Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama yang Suka Makan LesehanYaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama yang Suka Makan Lesehan Foto: instagram @ansor_satu


Gus Yaqut yang lahir di Rembang, 4 Januari 1975 ini lahir dan besar di tengah keluarga tokoh muslim. Ayahnya yakni K.H. Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri PKB sementara saudaranya, Yahya Cholil Staquf adalah tokoh Nahdlatul Ulama (NU).

Tak heran kalau Gus Yaqut terbiasa menjalani kehidupan ala pesantren. Ia punya hobi makan bersama ala santri. Beberapa foto yang diunggah lewat instagramnya menunjukkan betapa serunya ia bersantap dengan kerabat.

Satu wadah besar berisi nasi dan aneka lauk pauk disantap sekaligus oleh 4-5 orang. Momen ini bukan hanya untuk sekedar mengisi perut tapi juga menjalin tali kekeluargaan. Dengan cara ini semua orang bisa merasakan hidangan yang sama tanpa memandang status sosial.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Pedas Menggugah Dori Sambal Matah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com