Hidangan Natal Rumahan

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menimbang Bahan Makanan

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 23 Des 2020 15:30 WIB
A close-up of a female baker  weighs on kitchen scales the dough for cooking buns on a knotted table with a rolling pin Foto: iStock
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan
Jakarta -

Menimbang bahan saat membuat kue atau cake harus tepat. Banyak orang melakukan kesalahan saat menimbang bahan makanan yang berakibat kue bantat.

Memasak sudah seperti seni dalam mencampurkan bahan makanan. Berbagai bahan makanan diolah dengan takaran yang sesuai agar menghasilkan hidangan yang enak dan lezat.

Pada beberapa jenis masakan mungkin tidak memiliki takaran baku dan tidak masalah jika jumlah bahan yang digunakan tidak sesuai takaran atau sesuai selera saja. Tetapi untuk membuat roti dan kue-kue tentunya butuh takaran yang pas untuk menghasilkan roti dan kue yang sempurna.

Saat menimbang atau menakar bahan makanan seringkali dibuat bingung dengan ukuran pada resep dan alat pengukur yang kita punya. Ada beberapa kesalahan yang sering sekali dilakukan saat menimbang bahan makanan.

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menimbang dan mengukur bahan makanan menurut Mashed (14/12):

1. Menimbang Tepung

Indonesian Cuisine, Klepon or Traditional Pandanus Rice Balls Made From Glutinous Flour and Grated Coconut with Palm sugar Filling.Tepung. Foto: iStock

Tepung merupakan bahan dasar dari sebagian besar masakan. Banyak sekali hidangan mulai dari yang manis atau bahkan masakan rumahan biasa yang membutuhkan tepung sebagai bahan masakannya. Misalnya bahan dasar kue atau tepung maizena untuk mengentalkan saus.

Penting menggunakan timbangan untuk mendapatkan takaran tepung yang sesuai. Sebelum menentukan takarannya, tentukan juga jenis tepung yang digunakan. Setiap jenis tepung memiliki massanya masing-masing. Jangan lupa ayak dahulu tepung sebelum ditimbang.

2. Mengukur Brown sugar

Berbeda dengan gula biasa yang mudah dituang. Brown sugar memiliki karakter yang lebih menggumpal sehingga sulit untuk mendapatkan ukuran yang sesuai.

Untuk mendapatkan jumlah yang sesuai takaran jangan sekali-sekali mengeluarkan brown sugar dengan cara dituang. Saat ingin ditimbang atau diukur brown sugar lebih baik dikeluarkan dengan menggunakan sendok.

Baca Juga: Hobi Bikin Kue? Ini Alat-alat Baking yang Perlu Kamu Miliki

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tips Bersihkan Panci Gosong Jadi Kinclong! "
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com