7 Cara Simpan Makanan di Lemari Es Saat Mati Listrik

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 22 Des 2020 11:30 WIB
Cara Menyimpan Makanan Saat Listrik Mati Foto: iStock
Jakarta -

Lemari es jadi andalan menyimpan berbagai makanan agar tahan lama. Saat mati listrik, lakukan cara-cara ini agar makanan tetap segar.

Lemari pendingin atau populer disebut kulkas atau lemari es merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan makanan dalam suhu rendah. Beberapa makanan memang dibuat untuk disimpan dalam suhu dingin atau bahkan beku.

Masalah akan datang ketika aliran listrik mendadak mati terutama untuk waktu yang cukup lama. Beberapa bahan makanan yang sensitif dengan suhu bisa jadi rusak jika mengalami perubahan suhu yang drastis.

Listrik yang mendadak mati memang tidak bisa diperkirakan dan diluar kendali. Tetapi ada cara menyiasati agar bahan makanan yang ada di lemari pendingin tidak rusak atau basi.

Berikut ini 7 cara mudah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bahan makanan dalam lemari es saat listrik padam menurut Insider (16/12):

1. Pastikan Pintu Kulkas Tertutup

Cara Menyimpan Makanan Saat Listrik MatiCara Menyimpan Makanan Saat Listrik Mati Foto: iStock

Salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan selama pemadaman listrik adalah menjaga kulkas dan pintu freezer tertutup sebaik mungkin. Hindari membuka pintu kulkas terlalu sering agar suhunya tidak cepat berubah.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dalam pemadaman listrik kulkas masih dapat menyimpan suhu dinginnya. Kulkas yang tertutup akan tetap dingin hingga 4 jam dan freezer tertutup akan menjaga suhunya selama 24 jam jika setengah penuh dan 48 jam jika penuh.

2. Gunakan Termometer Untuk Memantau Suhu

Kamu harus selalu menjaga suhu kulkas bawah 4 derajat Celsius dan freezer pada atau di bawah -17 C. Ketika sudah melewati batas suhu ini, maka makanan harus langsung segera diselamatkan dari dalam pendingin.

Menyimpan termometer khusus di dalam kulkas dan freezer adalah cara yang bagus sebagai tindakan proaktif jika terjadi pemadaman listrik. Termometer akan memberi tahu ketika lemari es atau freezer telah menghangat ke titik yang tidak aman tanpa daya.

Baca Juga: Jangan Nimbun Makanan! Ini 5 Tips Simpan Stok Makanan Agar Tetap Segar

3. Simpan Es Batu dan Beberapa Botol Beku

Cara Menyimpan Makanan Saat Listrik MatiCara Menyimpan Makanan Saat Listrik Mati Foto: iStock

Sediakan kantong es tambahan yang disimpan dalam freezer untuk membantu menjaga suhunya dan digunakan nanti jika harus memindahkan makanan ke dalam pendingin. Jika freezer memiliki wadah pembuat es, masukan es batu ke dalam wadah penyimpanan setiap kali nampan es penuh.

USDA juga merekomendasikan menyimpan botol air dalam freezer. Ini tidak hanya akan membantu menjaga makanan beku dan dingin lebih lama, tetapi juga akan memiliki pasokan air minum segar jika pasokan air terkontaminasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com