ADVERTISEMENT

Cara Bikin Es Kopi dari Seduhan Langsung dan Cold Brew

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 20 Des 2020 11:00 WIB
How to make ice coffee
Foto: iStock
Jakarta -

Es kopi terasa nikmat apalagi diminum siang hari. Es kopi bisa dibuat dengan dua cara, menggunakan kopi yang diseduh air panas atau cold brew.

Es kopi belakangan diminati banyak kalangan. Walaupun rasanya pahit, tapi es kopi terasa segar ketika diminum saat siang hari.

Banyak gerai yang menawarkan es kopi dengan menu beragam. Seperti Americano hingga es kopi susu kekinian.

Es kopi ini bisa dibuat dari kopi yang diseduh air panas atau bisa juga menggunakan teknik cold brew yang belakangan jadi tren di kalangan penikmat kopi.

Baca Juga: 5 Kepribadian Seseorang Berdasarkan Kopi Favorit, Kamu yang Mana?

Apa sih yang membedakan kedua es kopi itu?

1. Es Kopi dari Kopi yang Diseduh

Prepairing iced latte on wooden tablees kopiFoto: iStock

Biasanya es kopi susu yang ada di pasaran dibuat dari kopi yang diseduh air panas lalu ditambahkan es batu. Cara membuatnya mudah, bahkan kamu bisa menggunakan kopi bubuk instan.

Setelah kopi jadi, lalu ditambahkan segelas es batu. Jika ingin rasa yang manis, bisa tambahkan sedikit gula cair.

Pecinta es kopi susu bisa mencampurnya dengan gula cair, susu kental manis, dan susu cair. Kalau punya sirup gula aren, akan terasa lebih nikmat. Minuman ini sangat pas dinikmati saat cuaca panas.

2. Es Kopi dari Cold Brew

Home Made Cold Brew CoffeeHome Made Cold Brew Coffee Foto: iStock

Namun, es kopi tak hanya bisa dibuat dari kopi yang diseduh saja. Bisa juga dibuat menjadi kopi cold brew. Apa sih sebenarnya kopi cold brew itu?

Dilansir dari Kristine's Kitchen (19/12), untuk membuat kopi cold brew tidak memakai air panas, melainkan air dingin. Jadi, kopi yang telah digiling kemudian direndam dalam air dingin selama 12-18 jam.

Kopi yang direndam ini bisa diletakkan dalam suhu ruang atau di dalam kulkas. Karena diseduh menggunakan air dingin dan disimpan dalam kulkas, rasa dan aroma kopi jadi lebih kuat.

Walaupun ditambahkan es batu, rasanya akan tetap sama. Berbeda dengan kopi yang diseduh dengan air panas, rasanya jadi hambar ketika ditambahkan es batu.

Untuk menyajikan es kopi cold brew harus disaring terlebih dahulu menggunakan saringan berbahan kain atau biasa disebut cold brew coffee filter reusable. Harus menggunakan saringan kain, karena kopi giling yang digunakan teksturnya masih kasar.

Jika kopi cold brew selesai disaring, barulah kamu bisa menambahkan es batu sesuai selera. Bisa juga kamu tambahkan gula cair, susu, dan bahan lainnya.

Kalau tertarik membuatnya, resep cold brew ini bisa jadi panduan.

Baca Juga: Es Kopi dan Kopi 'Cold Brew', Apa Sih Bedanya?



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT