Cara Ampuh Usir Lalat ala Warteg, Praktis Pakai Cabai

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 19 Des 2020 16:30 WIB
Cara Mengusir Lalat Pada Makanan Foto: iStock
Jakarta -

Adanya lalat saat menyantap makanan memang sangat mengganggu kenyamanan. Untuk mengusir lalat, ada cara praktis ala warteg dengan menggunakan cabai.

Lalat seringkali menghinggapi makanan. Namun supaya terhindar dari bakteri akibat lalat, ada baiknya kita mencegah lalat masuk ke ruang makan. Agar menyantap makanan juga lebih nyaman.

Ada cara yang ampuh untuk mengusir lalat. Cara ini banyak dilakukan oleh warung makan, seperti warteg.

Tak perlu menggunakan penyemprot serangga yang bau dan bisa membahayakan kalau menempel pada makanan. Cukup ikuti tutorial dari netizen di TikTok satu ini.

Baca Juga: Jijik Banget! Wanita Ini Curhat Udang Gorengnya Penuh Telur Lalat

Cara Mengusir Lalat Pada MakananCara Mengusir Lalat Pada Makanan Foto: TikTok @athelinaluize

Netizen TikTok @athelinaluize membagikan tutorial mudah mengusir lalat ala warteg (18/12). Ia menuliskan keterangan pada videonya, "Anti lalat 100& akurat!"

Dalam videonya terlihat netizen ini memamerkan makanan yang akan ia santap. Ada ikan goreng, sup, dan sambal bawang.

Setelah itu, netizen ini menunjukkan air dan 3 buah cabai rawit yang dibungkus plastik di sana. Ternyata plastik berisi air dan cabai itu ia gunakan untuk mengusir lalat.

Cara Mengusir Lalat Pada MakananCara Mengusir Lalat Pada Makanan Foto: TikTok @athelinaluize

Tapi, apakah ampuh? Menurut netizen ini sangatlah ampuh dan membuat lalat menjauhi makanan. "Dipikir ngga ada logisnya tapi lalat pada minggir semua. Udah nggak ada lalat lagi," ujar netizen itu.

Tak heran kita seringkali menemukan plastik berisikan air di warteg. Biasanya diletakkan di etalase atau digantungkan. Ternyata fungsinya memang bisa membuat lalat bingung ketika melihat air dalam plastik tersebut.

Menurut komentar seorang netizen, karena lensa pada mata lalat itu ganda. Jadi saat lalat melihat air dalam plastik itu, penglihatannya jadi mantul dan tidak bisa melihat dengan jelas. Karena itulah lalat tak berani mendekat.

Selain plastik berisikan air, cara mengusir lalat lainnya bisa dengan lilin. Bisa juga menggunakan daun kemangi yang dimasukkan ke dalam air.

Biasanya air kemangi ini hanya berfungsi sebagai kobokan. Tapi, saat sedang musim lalat, air kemangi ini bisa digunakan untuk mengusir lalat tersebut.

Cara Mengusir Lalat Pada MakananCara Mengusir Lalat Pada Makanan Foto: iStock

Cuka apel juga bisa jadi alat pengusir lalat yang ampuh. Kamu tinggal siapkan botol atau gelas, lalu isi dengan cuka apel secukupnya.

Kemudian botol atau gelas berisikan cuka apel ini ditutup dengan plastik dan harus diikat menggunakan karet. Lalu, plastik dilubangi untuk jalan masuk lalat tersebut. Gelas berisi cuka apel ini bisa ditampatkan di beberapa sudut ruangan.

Baca Juga: Jijik! Pria Ini Beli Fried Chicken yang Dipenuhi Telur Lalat



Simak Video "Dirumahkan karena Pandemi, Pemuda di Pinrang Jadi Peternak Lalat"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com