7 Peraturan Tidak Tertulis di Restoran yang Perlu Kamu Tahu

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 20 Des 2020 10:00 WIB
Ini 5 Tips Aman Pakai dan Lepas Masker saat Makan di Restoran Foto: Shutterstock

3. Harga yang Mahal

Lagi Bulan Madu, Pasangan Ini Malah Ketagihan Makan di Restoran Berhantu7 Peraturan Tidak Tertulis di Restoran yang Perlu Kamu Tahu Foto: Keith Dias/Medium/iStock

Kebijakan harga restoran sering dikritik. Tetapi kebijakan dalam menentukan harga hidangan harus setidaknya 3 kali lebih tinggi dari biaya produksi makanan.

Sisanya sebanyak 2/3 akan dipakai sebagai pembayaran upah, pajak, sewa, dan biaya lain. Atau di beberapa restoran, sisa dari pembagian biaya tersebut masih bisa menjadi laba bersih bagi mereka.

4. Memberhentikan Pesanan Sebelum Tutup

Sering terjadi saat masih ada 15 menit tersisa sebelum waktu penutupan restoran tetapi pelayan tidak ingin mengambil pesanan baru. Alasannya adalah bahwa di dapur kemungkinan besar sudah mulai membersihkan dapur dan mereka tidak akan membongkar semua wadah, menyalakan oven, panggangan, penggorengan, dan kemudian mencucinya lagi.

Restoran juga membutuhkan waktu untuk membersihkan seluruh bagian restoran sebelum mereka tutup. Mereka ingin memastikan semua pesanan sudah dihidangkan dan semua tamu sudah menghabiskan makanannya. Selain itu, mereka ingin pulang sesegera mungkin setelah shift selesai.

5. Jangan Tanya Rekomendasi

Jangan meminta pelayan untuk merekomendasikan hidangan sesuai dengan keinginan mereka. Pelayan tidak selalu mencoba hidangan yang ada di menu. Selain itu, mereka tidak bisa menebak preferensi tamu.

Oleh karena itu, disarankan untuk memesan hidangan paling populer atau sesuatu dengan bahan yang disukai. Dalam kasus terburuk, ada kemungkinan tamu akan direkomendasikan dengan hidangan termahal di menu karena itu akan meningkatkan jumlah pemasukan untuk mereka.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com