7 Peraturan Tidak Tertulis di Restoran yang Perlu Kamu Tahu

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 20 Des 2020 10:00 WIB
Ini 5 Tips Aman Pakai dan Lepas Masker saat Makan di Restoran Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ada beberapa peraturan tidak tertulis di restoran yang mungkin tidak kamu tahu. Hal ini menyangkut menu, harga, hingga sistem pemesanan.

Berkunjung ke restoran jadi agenda rutin banyak orang tiap akhir pekan. Tak sekadar mencari makanan enak, biasanya pengunjung restoran juga menikmati suasana yang ada bersama orang-orang terdekat.

Tak hanya itu, beberapa orang bahkan memilih menyelesaikan pekerjaan kantor hingga lakukan negosiasi bisnis di restoran. Bisa dibilang restoran menjadi salah satu pilihan tempat nyaman selain rumah untuk sebagian besar orang.

Berkunjung ke restoran, biasanya ada aturan tertulis yang mudah dipahami. Tapi tahukah kamu, kalau sebenarnya ada juga peraturan tidak tertulis di restoran?

Peraturan itu jarang diketahui orang karena sifatnya seperti rahasia untuk pengelola restoran. Rahasia ini mencakup bentuk perhatian pihak restoran kepada pelanggan hingga trik untuk menambah keuntungan restoran.

Berikut ini 7 peraturan tidak tertulis di restoran tetapi tetap ada, menurut Bright Side (18/12):

1. Penggunaan Piring Ukuran Besar

Piring QR Code7 Peraturan Tidak Tertulis di Restoran yang Perlu Kamu Tahu Foto: Istimewa

Ada alasan mengapa restoran cenderung menggunakan piring besar, salah satunya untuk menciptakan ilusi kalau porsi makanan tersebut tidak terlalu banyak.

Dengan begitu pelanggan akan tergoda untuk memesan lebih banyak makanan. Selain itu, menaruh porsi makanan yang kecil di piring besar akan menciptakan kesan lebih resmi seperti halnya saat kamu santap di restoran mewah.

2. Roti Gratis

Memberikan roti dan mentega gratis untuk pengunjung merupakan trik restoran. Tujuannya adalah untuk menunjukkan pelayanan dan keramahan yang nantinya bisa meningkatkan kesetiaan tamu.

Selain itu, dengan beberapa masakan, roti menjadi bagian pelengkap sajian. Misalnya dalam masakan Prancis roti akan digunakan untuk menikmati saus di piring. Pemberian roti juga akan memberi staf restoran waktu lebih banyak untuk menyajikan makanan.

Baca Juga: Jangan Tertipu! Restoran Pakai 12 Trik Ini untuk Kelabui Pengunjung

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com