5 Kuliner Kekinian yang Jadi Tren di TikTok Sepanjang 2020

Riska Fitria - detikFood Rabu, 16 Des 2020 10:30 WIB
dalgona coffee Foto: iStock
Jakarta -

Tren kuliner memang tak ada matinya, setiap waktu pasti muncul tren-ten baru. Bahkan beberapa diantaranya ada yang sampai viral di media sosial seperti TikTok.

Sepanjang tahun 2020, hampir semua orang hanya menghabiskan waktu di rumah. Itu karena adanya aturan karantina mandiri untuk menghindari pandemi COVID-19.

Tak tinggal diam, masa-masa di rumah itu banyak dimanfaatkan dengan memasak. Dari itulah muncul berbagai tren soal kuliner. Salah satunya adalah tren dalgona coffee.

Cara membuat dalgona coffee itu pun ramai di TikTok dan disusul dengan berbagai jenis makanan lainnya, seperti cloud bread, garlic bread, dan masih banyak lagi.

Berikut ini 5 kuliner yang menjadi tren di TikTok sepanjang tahun 2020.

1. Dalgona Coffee

dalgona coffeedalgona coffee Foto: istimewa

Sekitar awal bulan Maret 2020, netizen dihebohkan dengan tren dalgona coffee. Ramai orang membagikan resep dan cara membuatnya lewat video-video yang diunggah di TikTok.

Dalgona coffee merupakan minuman yang terbuat dari campuran kopi instan, gula dan air panas. Campuran diaduk hingga menjadi foam bertekstur kental.

Baru kemudian dicampur sebagai topping susu. Proses mengaduk dalgona coffee itulah yang mencuri perhatian netizen, karena terbilang susah-susah gampang.

Butuh waktu lama dan tenaga yang banyak untuk mengaduk dalgona coffee. Bahkan tak sedikit netizen yang gagal ketika membuatnya.

Baca Juga : Tren Dalgona Coffee, Ternyata Sejak Dulu Sudah Populer di India

2. Korean Garlic Bread

Review Battle 3 Korean Garlic Cheese Bread; Super Furry, Sweet Troops, Odelice IndonesiaReview Battle 3 Korean Garlic Cheese Bread; Super Furry, Sweet Troops, Odelice Indonesia Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Tak hanya dalgona coffee, garlic bread yang berasal dari Korea juga menjadi tren di TikTok. Tren ini muncul bersamaan dengan tren drama Korea yang tayang di masa karantina.

Banyak netizen yang membagikan resep membuat garlic bread lewat video di TikTok. Tak hanya itu, karena menjadi tren, banyak toko-toko online yang bermunculan menawarkan roti ini.

Garlic bread merupakan hidangan berupa roti yang dipanggang dengan bawang putih. Selain itu, juga diberi tambahan berupa keju sehingga rasanya menjadi lebih gurih.

Di Korea sendiri, roti ini dikenal sebagai jajanan kaki lima. Garlic bread kebanyakan ditawarkan di stasiunGangnam, Korea Selatan.

3. Cloud Bread

Cloud breadCloud bread Foto: Instagram/cookingwithhel

Tak kalah viral, ada juga cloud bread yang menjadi tren di TikTok. Ini berawal dari seseorang yang membagikan tutorial cara membuat cloud bread.

Sesuai namanya, roti ini memang memiliki penampilan seperti awan. Bagian luarnya berwarna coklat dan bagian dalamnya berwarna biru muda. Cloud bread memiliki tekstur yang lembut.

Roti awan-awan ini disebut-sebut sebagai roti sehat, karena tidak menggunakan terigu. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain, putih telur, gula pasir dan maizena.

Semua bahan tersebut dicampur dan diaduk hingga teksturnya kaku. Baru kemudian diletakkan dalam nampan dan dipanggang dengan suhu 150 derajat celcius selama 30-40 menit.

4. Creme Brulee

creme bruleecreme brulee Foto: iStock

Creme brulee merupakan dessert yang berasal dari Prancis. Creme brulee memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut. Makanan yang satu ini pun tak luput menjadi tren di TikTok.

Banyak netizen yang membagikan resep creme brulee. Dari itulah, banyak netizen yang berlomba-lomba membuat creme brulee. Tak sedikit juga yang membuat dengan berbagai versi.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok @Shefshaq. Dalam videonya ia membagikan resep creme brulee hanya dengan tiga bahan, yaitu es krim vanila, telur dan gula.

Video tersebut pun menjadi viral dan mendapat likes sebanyak 274.000. Tak hanya itu, videoresepnya juga banyak dibagikan ulang olehakun-akunInstagram.

5. Churros

churros - Traditional Spanish and Mexican dessert on a white plate with chocolate sauce on an old grey rustic wooden table, horizontal view from above, close-up, flatlaychurros - Traditional Spanish and Mexican dessert on a white plate with chocolate sauce on an old grey rustic wooden table, horizontal view from above, close-up, flatlay Foto: iStock

Churros adalah jajanan manis khas Spanyol. Sebenarnya churros bukan hal yang baru, tetapi selama masa karantina beberapa bulan lalu, churros kembali menjadi tren di TikTok.

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat churros adalah tepung terigu dan telur. Cara membuat churros ini hampir sama seperti membuat donat khas Indonesia.

Namun, bentuknya dibuat memanjang menggunakan alat cetak bergerigi. Biasanya churros dimakan dengan dicocol ke cokelat atau hanya diberi taburan gula halus saja.

Baca Juga : Resep Churros Enak ala Disney yang Gampang Dibuat

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com