Surga Makanan di Jakarta Utara

5 Tips Seru-seruan Kulineran di Pantjoran PIK

Devi Setya - detikFood Sabtu, 12 Des 2020 13:00 WIB
Pantjoran PIK Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Kawasan Pantjoran PIK tengah jadi tujuan hits para foodies di Jakarta. Ada lebih dari 80 tenant kuliner yang siap memanjakan lidah dan bisa jadi tempat seru-seruan bareng teman atau keluarga.

Berlokasi di kawasan Pulau Maju, Pantai Indah Kapuk (PIK), area kuliner berkonsep pecinan ini bisa jadi destinasi liburan akhir pekan. Ragam kuliner enak bisa jadi pilihan, mulai dari camilan, makanan berat hingga aneka dessert.

Karena mengusung konsep serba China, kawasan ini juga bisa jadi spot foto instagramable. Jangan heran kalau akhir pekan pengunjungnya bisa penuh membludak.

Mau nyaman kulineran sampai kenyang sekaligus jalan-jalan seru di Pantjoran PIK? Simak 5 tips berikut.

1. Datang lebih pagi

Pantjoran PIKPantjoran PIK Foto: detikFood/Devi S. Lestari


Pantjoran PIK buka setiap Senin hingga Minggu pukul 07.00-21.00 WIB. Jadi kalau mau nyaman berkeliling area ini, kamu bisa datang lebih pagi karena pengunjungnya belum terlalu membludak.

Meskipun datang pagi hari, tapi hampir semua tenant kuliner sudah siap dengan menu andalannya. Kamu sekaligus bisa berburu menu sarapan di sini. Sementara kalau datang agak siang atau sore, siap-siap antre jika ingin membeli makanan tapi suasana yang ditawarkan jelas berbeda.

2. Kenakan pakaian yang nyaman


Karena berada di pesisir pantai, Pantjoran PIK ini punya udara yang cukup terik namun berangin. Datanglah dengan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat agar kulineran kamu tetap asyik.

Kamu bisa berburu banyak foto instagramable di sini karena hampir semua sudut area bisa jadi 'studio foto' dadakan. Nah kalau mau keliling ala puteri China, kamu bisa menyewa baju hanfu yakni pakaian tradisional China yang cantik. Jangan lupa berpose di depan Gerbang Kemakmuran yang jadi ikon area ini.

3. Datang bersama teman atau keluarga

Pantjoran PIKPantjoran PIK Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Semakin ramai teman atau keluarga yang ikut hangout maka makin seru juga suasananya. Kamu bisa ngobrol sambil makan. Usahakan memilih menu makanan yang berbeda agar bisa saling cicip dan puas mencoba berbagai makanan sekaligus.

Meskipun berkunjung secara kelompok, tapi tetap utamakan protokol kesehatan. Kamu diwajibkan mengenakan masker, melakukan cek suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area. Tempat makan juga diberi jarak antar pengunjung.

4. Coba kuliner legendaris.

Pantjoran PIKPantjoran PIK Foto: detikFood/Devi S. Lestari


Berbagai tenant kuliner legendaris hadir di Pantjoran PIK. Sebut saja misalnya Es Kopi Tak Kie, Kari Lam dan Ponggol Nasi Lemak yang bisa jadi pilihan. Tapi banyak juga kuliner halal dan non halal lainnya yang sayang kalau dilewatkan.

Di area ini memang kebanyakan tenant menghadirkan makanan non halal tapi bagi kamu yang beragama islam, jangan takut akan kelaparan. Sambangi kedai yang bertuliskan 'No Pork No Lard' untuk tetap bisa memanjakan lidah.

5. Kunjungi area Urban Farm PIK

Puas jalan-jalan dan kulineran di kawasan Pantjoran PIK, kamu juga bisa berkunjung ke area Urban Farm PIK yang berada tak jauh dari Pantjoran PIK. Di sini kamu bisa jalan-jalan melihat kebun sayuran dan buah serta tetap bisa makan atau sekedar santai.

Ada 2 tenant kuliner di area ini yakni Gioi dan Toby's Estate. Area makan yang instagramable juga bisa dimanfaatkan untuk berfoto. Area ini juga kerap disebut little Bali karena suasananya mirip kafe-kafe kekinian di Pulau Dewata.



Simak Video "Chinatown Pantjoran PIK, Surganya Kuliner Peranakan di Jakut"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com