Telur Iguana hingga Tikus Isi Kacang, 5 Makanan Aneh yang Pernah Populer

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 10 Des 2020 11:30 WIB
Telur Iguana hingga Tikus Isi Kacang, 5 Makanan Aneh yang Pernah Populer Foto: iStock/ Listverse


3. Muktuk

Telur Iguana hingga Tikus Isi Kacang, 5 Makanan Aneh yang Pernah PopulerTelur Iguana hingga Tikus Isi Kacang, 5 Makanan Aneh yang Pernah Populer Foto: iStock/ Listverse

Muktuk merupakan makanan populer yang digemari di Arktika, Kutub Utara. Makanan yang satu ini dibuat dari kulit ikan paus yang teksturnya sedikit keras dan alot mirip seperti karet.

Namun bagi orang-orang di sana makanan ini sangat enak. Bahkan Muktuk bisa dimakan dalam berbagai cara. Mulai dari disajikan sebagai asinan, digoreng hingga garing, dijadikan acar sampai disajikan secara fresh.

Untuk masalah rasa, kulit ikan paus ini disebut memiliki rasa yang gurih mirip seperti kacang. Tapi bagian luarnya mirip karet. Banyak juga yang bilang bahwa Muktuk mengandung vitamin C. Namun tetap saja berbahaya karena dianggap beracun dari toxin air laut.


4. So

Telur Iguana hingga Tikus Isi Kacang, 5 Makanan Aneh yang Pernah PopulerTelur Iguana hingga Tikus Isi Kacang, 5 Makanan Aneh yang Pernah Populer Foto: iStock/ Listverse

So merupakan kue yang mirip juga seperti keju asal Jepang. Makanan yang satu ini sudah populer sejak abad 14, dianggap sebagai salah satu makanan yang bersejarah. Bahan untuk membuatnya mirip seperti keju, yaitu menggunakan susu sapi.

Dulu di Jepang makanan ini dianggap sebagai status atau simbol untuk kemakmuran. Dulu So dibuat agar susu lebih awet sebelum adanya lemari pendingin. Untuk rasanya banyak orang yang menyebutnya seperti yogurt.

Hanya saja rasanya lebih asam dan teksturnya lebih padat dibandingkan yogurt. Di Jepang sendiri dulu sapi merupakan hewan mahal yang jarang dipotong untuk dikonsumsi. Karenanya makanan ini memegang banyak simbol kemakmuran.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com