Telur Iguana hingga Tikus Isi Kacang, 5 Makanan Aneh yang Pernah Populer

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 10 Des 2020 11:30 WIB
Telur Iguana hingga Tikus Isi Kacang, 5 Makanan Aneh yang Pernah Populer Foto: iStock/ Listverse
Jakarta -

Ada makanan yang dibuat dari bahan-bahan yang tidak biasa. Meskipun tergolong makanan tetapi populer. Dari telur iguana hingga tikus isi kacang.

Banyak makanan yang dianggap aneh atau ekstrem, tapi sempat populer dan digemari banyak orang. Meski tidak terlalu terkenal seperti makanan modern kekinian, beberapa makanan ini tetap eksis hingga sekarang.

Misalnya seperti Muktuk. Muktuk merupakan hidangan tradisional dari kulit ikan paus yang tebal. Kemudian ada juga makanan yang diolah dari telur iguana. Telur ini harus berasal dari iguana berwarna hitam.

Ada juga sejenis keju atau kue yang cukup populer di Jepang. Kue 'So' disebut sudah ada sejak abad ke-14 dengan rasa asam segar seperti yogurt.

Dilansir dari Listverse (09/12), berikut lima makanan aneh yang sempat populer.

Baca Juga: Ini 5 Lomba Makan Paling Aneh Sepanjang Sejarah


1. Telur iguana hitam

Eggs and Egg yolk in paper tray on woodEggs and Egg yolk in paper tray on wood Foto: iStock

Bukan dari unggas, telur yang satu ini berasal dari hewan reptil iguana hitam. Meski sekarang sudah jarang yang konsumsi telur ini, tapi dulu makanan aneh ini terbilang cukup populer.

Meski tampilan dari telur iguana ini tampak tidak bisa dimakan. Ternyata pada era peradaban Suku Maya, dulu banyak iguana yang diternak untuk diambil telurnya mirip seperti ayam.

Telur iguana memiliki warna kuning yang pekat dengan rasa yang enak. Suku Maya biasanya menyantap telur ini dengan tambahan tumbuhan, madu hingga sumber makanan lainnya.

Kini memburu atau beternak iguana banyak dilarang di berbagai negara. Karenanya telur iguana ini sudah tidak umum lagi untuk dikonsumsi.

2. Tikus isi

Telur Iguana hingga Tikus Isi Kacang, 5 Makanan Aneh yang Pernah PopulerTelur Iguana hingga Tikus Isi Kacang, 5 Makanan Aneh yang Pernah Populer Foto: iStock/ Listverse

Dormice merupakan jenis tikus atau hewan pengerat yang mirip seperti hamster. Banyak orang yang menyebutnya sebagai hamster, tapi beberapa menganggapnya sebagai tikus.

Di era Roma kuno, tikus dormice ini jadi santapan yang populer dan digemari banyak orang. Dormice merupakan hewan pengerat yang suka hibernasi sepanjang tahun, orang-orang di Roma kemudian memelihara mereka untuk dimakan.

Semakin besar ukuran dormice maka semakin enak rasanya. Kemudian dormice akan diisi dengan kacang-kacangan, madu dan rempah lainnya. Kebanyakan tikus isi ini dijadikan sebagai makanan pembuka. Kini mengkonsumsi dormice sudah dilarang di Roma.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com