Pakai Kata 'Janda' Saat Promosi, Gerai Sandwich Ini Dikecam!

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 09 Des 2020 19:06 WIB
Pakai Kata Janda Saat Promosi, Gerai Sandwich Ini Dikecam Foto: Instagram @sandwichclubjakarta
Jakarta -

Banyak restoran lakukan promosi unik, tak terkecuali gerai sandwich ini. Pihaknya menggunakan kata 'janda', tapi berujung dikecam netizen!

Sebuah gerai sandwich di Jakarta dikecam netizen setelah melakukan promosi dengan cara yang 'unik'. Dalam unggahannya, mereka menyematkan kata 'janda' saat mempromosikan menu sandwich mereka.

Gerai sandwich ini melakukan promosi via daring (online) dan diunggah ke akun media sosial Instagram mereka @sandwichclubjakarta. Dalam unggahannya, terdapat sebuah gambar sandwich yang sudah dibelah menjadi 2 namun berbeda varian.

Menu sandwich pertama adalah Sirloin Sandwich. Berupa sandwich yang diberikan isian potongan daging sirloin, lemon mayo pepper, caramelized onion, red cheddar, jalapeno pickles, dan keripik kentang untuk pelengkapnnya.

Pakai Kata 'Janda' Saat Promosi, Gerai Sandwich Ini DikecamPakai Kata 'Janda' Saat Promosi, Gerai Sandwich Ini Dikecam Foto: Instagram @sandwichclubjakarta

Sedangkan menu yang lainnya ada Tenderloin Steak. Berupa sandwich yang diberikan isian daging tenderloin, chimichurri sauce, bbq sauce, crispy onion, red cheddar, acar timun, dan chipson sebagai pelengkapnya.

Baca Juga: Makan Pasta Langsung Di Atas Meja, Wanita Ini Dikecam Netizen

Pada gambar menu sandwich tersebut terdapat tulisan, "Ada yang menggoda tapi bukan janda," tulis pihak Sandwich Club Jakarta pada gambar tersebut.

Sontak kalimat tersebut membuat netizen geram. Karena menurut mereka tidak ada relevansi status seseorang dengan menu sandwich yang mereka tawarkan tersebut.

Kalimat promosi tersebut malah terkesan menyudutkan perempuan. Apalagi hal itu menyangkut status yang dimiliki seseorang. Menggambarkan seseorang yang bercerai dari suaminya.

Pakai Kata 'Janda' Saat Promosi, Gerai Sandwich Ini DikecamPakai Kata 'Janda' Saat Promosi, Gerai Sandwich Ini Dikecam Foto: Twitter @gitaputri

Seperti netizen di Twitter bernama Gita Putri pada akunnya @gitaputrid (8/12). Ia mengatakan, "Nggak ada relevansi antara sandwich lezat dengan janda. Nggak ada. Coba usaha lagi jualannya ayo," tulis Gita sekaligus mengunggah foto milik Sandwich Club Jakarta.

Unggahan netizen inipun viral di Twitter. Terbukti dengan mendapatkan 6.000 likes dan dibanjiri komentar yang menyetujui kalau cara berpromosinya tidak relevan.

"Marketing kok kampungan begitu hehe," tulis netizen.

"Masih ada aja orang kayak gini, heran," sahut netizen lain.

"Norak gini jadi malah nggak mau beli," komentar lainnya.

Pakai Kata 'Janda' Saat Promosi, Gerai Sandwich Ini DikecamPakai Kata 'Janda' Saat Promosi, Gerai Sandwich Ini Dikecam Foto: Twitter @didietmaulana

Tak hanya Gita saja yang menyampaikan kritiknya. Didiet Maulana seorang perancang busana ternama di Indonesia juga ikut menuliskan kritiknya lewat akun Twitternya.

Ia menuliskan, "Darurat empati. Semoga untuk para agency, marketer dan content creator bisa belajar lebih dalam lagi bagaimana membuat konten viral yang beradab," tulisnya di Twitter @didietmaulana (9/12). Ia juga mengunggah gambar berisikan kalimat panjang soal opininya.

Saat ini, unggahan menu tersebut sudah dihapus oleh pihak Sandwich Club Jakarta. Pihak mereka juga menyampaikan permintaan maaf lewat Instagram Story-nya.

Pakai Kata 'Janda' Saat Promosi, Gerai Sandwich Ini DikecamPakai Kata 'Janda' Saat Promosi, Gerai Sandwich Ini Dikecam Foto: Twitter @gitaputrid @didietmaulana , Instagram @sandwichclubjakarta

"Kami meminta maaf yang sedalam-dalamnya. Kami mendengar kalian. Kami menyetujui dan mengerti tentang kesalahan yang kami buat. Kami sadar kalau itu menyinggung seseorang dan sangat tidak layak untuk dipublikasi," tulis pihak Sandwich Club Jakarta.

"Terima kasih untuk semuanya yang telah mengingatkan kami. Ini adalah pembelajaran yang baik untuk kami agar lebih berhati-hati dan mengapresiasi setiap orang. Sekali lagi, kami meminta maaf sedalam-dalamnya utnuk ini. Jika kalian masih ingin memberikan komplain dan kritik, kami akan menerimanya," pungkas mereka.

Baca Juga: Restoran Ini Dikecam karena Sediakan Timbangan Badan untuk Pengunjung



Simak Video "Sandwich Pecel, Kombinasi Kuliner Indonesia dan Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com