Daging Monyet Jadi Hidangan yang Populer di 5 Negara Ini

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 08 Des 2020 11:30 WIB
Site News Foto: Site News
Jakarta -

Meski menuai pro dan kontra, tapi konsumsi daging monyet masih cukup populer di beberapa negara. Seperti di China hingga Vietnam.

Jadi kontroversi, daging monyet sering diburu untuk dimakan hingga dijual. Banyak orang yang percaya bahwa daging monyet memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, hingga menjadi ramuan obat tradisional.

Padahal banyak penelitian yang menyebutkan tingginya risiko daging monyet terpapar virus hingga bakteri. Tapi di beberapa negara konsumsi daging monyet ini masih terbilang tinggi.

Seperti di Afrika contohnya, tingginya konsumsi daging monyet membuat beberapa peneliti melarang konsumsi daging tersebut. Begitu juga di Vietnam, di mana perburuan monyet untuk dimakan masih sering terjadi.

Dilansir dari berbagai sumber berikut lima negara yang konsumsi daging monyet.

Baca Juga: Diberi Jeruk, Reaksi Monyet Ini Bikin Netizen Terharu!

1. Vietnam

Daging Monyet hingga Kelelawar Rebus, Ini 10 Foto Masakan yang Bikin MualDaging Monyet hingga Kelelawar Rebus, Ini 10 Foto Masakan yang Bikin Mual Foto: Istimewa

Vietnam merupakan salah satu negara di Asia yang mengkonsumsi daging monyet. Salah satu bagian yang paling populer ada otak monyet.

Di Vietnam, otak monyet disebut Nao Hau. Otak monyet ini disebut punya rasa yang enak. Selain itu banyak juga monyet jenis langka yang ikut diburu.

Seperti kasus di tahun 2018. Di mana ada enam pria yang ditangkap, setelah merekam kegiatan mereka menyantap daging monyet jenis Langur di Facebook.


2. China

Site NewsSite News Foto: Site News

Punya beragam kuliner yang terbilang ekstrem, China masuk ke dalam daftar negara yang mengkonsumsi daging monyet. Bagian yang paling sering dikonsumsi adalah otak monyet.

Beberapa menyebutkan bahwa biasanya orang-orang yang menyantap otak monyet ini punya cara ekstrem. Mereka memakan otak monyet langsung di kepala monyet yang masih hidup.

Praktik yang satu ini tentunya sangat kontroversial dan dikecam banyak pecinta hewan. Selain itu makan otak monyet mentah memiliki risiko tinggi terserang virus hingga penyakit otak yang fatal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Viral Jajanan Korea Serba Rp 10 Ribuan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com