Hiks! Nenek Penjual Sayur Terharu Dagangannya Diborong Segerobak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 08 Des 2020 10:30 WIB
Hiks! Nenek Penjual Sayur Terharu Dagangannya Diborong Segerobak Foto: TikTok @Help the others
Jakarta -

Viral video unggahan netizen terkait nenek penjual sayur yang sudah renta. Dagangannya tak laku-laku meski ia sudah berjualan sejak pagi.

Dilihat dari TikTok @Help the others, nenek ini berusia 90 tahun dan berlokasi di China. Ia menjajakan ragam sayuran segar di kaki lima dengan harapan pejalan kaki yang melintas mau membeli dagangannya.

Nenek ini menggunakan gerobak sepeda roda tiga untuk berjualan. Saat merasa lelah, ia duduk di atas sepedanya.

Netizen @Help the others lantas menghampiri sang nenek. Sang nenek pun langsung bertanya apakah sayurnya akan dibeli.

Hiks! Nenek Penjual Sayur Terharu Dagangannya Diborong SegerobakHiks! Nenek Penjual Sayur Terharu Dagangannya Diborong Segerobak Foto: TikTok @Help the others

Tatapan mata nenek ini bikin terenyuh karena ia seperti sangat mengharapkan sayurannya terjual. "Dua harganya satu dollar," kata sang nenek dalam bahasa China.

Netizen ini lantas bilang, "Saya lihat nenek sudah ada lama di sini, tapi tidak ada yang beli." Ia lalu menjawab berjualan di zaman sekarang sungguh sulit.

Buktinya sejak pagi ia baru menjual sayuran senilai beberapa dollar saja. Netizen @Help the others kemudian bilang akan membeli semua sayuran si nenek.

Ia langsung memberi banyak uang untuk nenek berambut pendek ini. Terlihat jelas ekspresi kaget sang nenek. "Terlalu banyak, kamu kasih terlalu banyak (uang), saya tidak bisa menerima," katanya.

Baca Juga: Hidup Sebatang Kara, Nenek 82 Tahun Ini Masih Semangat Jualan Peyek

Nenek penjual sayur bahkan bilang tidak punya uang untuk kembalian yang jumlahnya banyak itu. "Tidak usah dikembalikan," kata si netizen.

Hiks! Nenek Penjual Sayur Terharu Dagangannya Diborong SegerobakHiks! Nenek Penjual Sayur Terharu Dagangannya Diborong Segerobak Foto: TikTok @Help the others

Netizen juga terlihat memberikan baju hangat dan celana untuk nenek penjual sayur. Awalnya ia menolak karena merasa tak enak hati, tapi akhirnya ia mau menerima pemberian itu.

Sang nenek lalu ingin 'membayar' netizen itu. "Tidak usah, saya membelikan (baju) ini untukmu," jawab si netizen.

"Bagaimana saya bisa berterima kasih?," kata nenek yang jalannya mulai bungkuk ini. Ia pun terlihat segera beranjak usai dagangannya diborong habis.

Tapi nenek penjual sayur lagi-lagi terkejut karena ia dihadiahi seplastik buah segar oleh netizen. "Ya Tuhan, kamu menghadiahi saya lagi," kata sang nenek.

Ia sempat menolak pemberian buah sambil berkata "Tidak mudah untuk kamu menghasilkan uang, jadi kamu tidak usah membelikan banyak barang untuk saya."

Hiks! Nenek Penjual Sayur Terharu Dagangannya Diborong SegerobakHiks! Nenek Penjual Sayur Terharu Dagangannya Diborong Segerobak Foto: TikTok @Help the others

Video yang diunggah akhir November 2020 ini viral hingga sudah ditonton hampir 1 juta kali saat berita ini dibuat. Netizen ramai-ramai memberi komentar positif.

"Saya suka hal ini. Lansia sangat penting dan harus diperhatikan. Mereka adalah sejarah dan budaya," ujar seorang netizen.

Ada juga yang kagum dengan hati mulia sang nenek ketika mengkhawatirkan uang yang diberikan netizen baik hati ini. "Dia lebih khawatir dengan uang milik pemberi dibanding dirinya," sahut netizen lain.

Baca Juga: Salut! Nenek 78 Tahun Ini Masih Semangat Jualan Tahu Gejrot

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com