5 Makanan Instan Jepang Unik, Nasi Kari Astronot hingga Ramen Miliaran Bakteri

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 07 Des 2020 16:00 WIB
Makanan Instan Jepang yang Unik Foto: soranews
Jakarta -

Jepang selalu punya inovasi pada makanannya, tak terkecuali untuk makanan instan. Seperti nasi kari Astronot hingga ramen dengan tambahan miliaran bakteri.

Makanan instan yang hadir di Jepang sangat beragam jenisnya. Tak hanya mie instan saja, tapi ada banyak makanan instan lain yang rasanya tak kalah enak.

Kemunculan makanan instan salah satunya karena masyarakat Jepang tak suka sistem yang lama. Jadi, mereka lebih memilih makanan instan yang sifatnya praktis.

Tak heran di Jepang banyak sekali vending machine dengan beragam pilihan minuman dan makanan. Banyak juga minimarket yang menawarkan beragam makanan instan yang bisa dibuat hanya dengan menyeduh atau memanaskannya di dalam microwave.

Berikut 5 makanan instan Jepang yang unik:

1. Nasi Kari Astronot

RAMEN DAN NASI KARI JEPANG INSTAN UNTUK ASTRONOT Perusahaan mie instan populer di Jepang membuat makanan khusus untuk astronot di luar angkasa. Menunya ada ramen hingga nasi kari.RAMEN DAN NASI KARI JEPANG INSTAN UNTUK ASTRONOT Perusahaan mie instan populer di Jepang membuat makanan khusus untuk astronot di luar angkasa. Menunya ada ramen hingga nasi kari. Foto: soranews

Nasi kari instan yang ditujukkan untuk astronot ini diproduksi oleh perusahaan mie instan yang populer di Jepang. Nissin menawarkan beragam makanan khas Jepang yang dikemas khusus untuk astronot di luar angkasa.

Selain nasi kari ada juga ramen yang dikemas dalam kemasan khusus dan ukurannya kecil. Mereka tak menggunakan wadah cup ataupun mangkuk, seperti dilansir dari Soranews (17/9).

Nasi kari dan ramen ini disajikan dengan udang kering, daging babi giling, telur orak-arik, hingga daun bawang. Makanan instan ini dimasak dengan suhu 70 derajat celcius saja. Karena air panas yang disiapkan untuk astronot tidak bisa sampai 100 derajat celcius.

Baca Juga: Jepang Ciptakan Ramen dan Nasi Kari Khusus untuk Astronot

2. Okonomiyaki Instan

Makanan Instan Jepang yang UnikMakanan Instan Jepang yang Unik Foto: soranews

Okonomiyaki adalah jajanan khas Jepang yang populer. Biasanya okonomiyaki ini dijual berdampingan dengan takoyaki. Terbuat dari tepung terigu yang diberikan campuran telur, sayur, dan pelengkap lainnya.

Sekarang okonomiyaki bisa dimasak praktis karena tersedia dalam kemasan cup instan. Isiannya ada tepung okonomiyaki instan, kremesan tempura, flakes bonito, dan nori.

Untuk membuatnya tinggal tambahkan air dan telur saja ke dalamnya. Kalau ingin lebih nikmat bisa tambahkan irisan kubis. Adonan okonomiyaki instan ini dimasak dalam wajan anti lengket dengan tambahan sedikit minyak.

Memasak produk ini dijamin tidak akan gagal karena hasilnya akan seperti yang sering dibeli di penjual okonomiyaki. Kabarnya rasa dan teksturnya juga sangat mirip.

3. Kari Katsu Instan Hanya 10 Detik!

Makanan Instan Jepang yang UnikMakanan Instan Jepang yang Unik Foto: soranews

Biasanya nasi kari dengan lauk chicken katsu kita santap di restoran. Tapi Jepang punya sajian nasi kari katsu dengan kemasan instan, bahkan proses memasaknya sangat praktis, hanya butuh waktu 10 detik saja.

Dilansir dari Soranews (11/7), kari katsu dikemas menggunakan plastik yang tak terlalu besar. Kemudian isi dari kari katsu instan ini dipindahkan ke mangkuk dan siram dengan air panas untuk memasaknya.

Dalam hitungan detik saja, kari katsu ini matang dan bisa langsung dinikmati. Isinya ada beberapa potong katsu ayam dan saus kari yang nikmat. Kari katsu instan ini biasa disantap sebagai lauk nasi putih hangat.

4. Oden Instan

Makanan Instan Jepang yang UnikMakanan Instan Jepang yang Unik Foto: soranews

Oden merupakan jajanan khas Jepang yang bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin. Oden ini terbuat dari ikan atau udang dan sering disebut sebagai bakso ikan Jepang atau fish cake.

Oden dimasak dengan kuah kaldu bening yang rasanya gurih. Oden banyak ditemui di jajanan kaki lima, minimarket, atau restoran. Tapi, kini ada oden dalam kemasan instan yang mudah sekali dibuat.

Untuk menikmatinya tinggal buka tutup kemasan oden instan tersebut, lalu panaskan oden instan di dalam microwave selama 30-90 detik. Setelah itu oden yang berisikan telur, potongan lobak, dan chikua fish cake bisa kamu nikmati dengan kuahnya yang hangat.

5. Ramen 40 Miliar Bakteri Asam Laktat

Ramen 40 Miliar Bakteri Asam LaktatRamen 40 Miliar Bakteri Asam Laktat Foto: soranews

Ramen instan di Jepang biasanya disajikan dengan kuah miso atau kuah pedas. Tapi, produsen ramen satu ini memiliki terobosan baru untuk kuah ramennya. Dilansir dari Soranews (27/11), produk keluaran Meisei ini terdapat kuah yang mengandung bakteri asam laktat.

Jumlahnya tak tanggung-tanggung, mencapai 40 miliar bakteri asam laktat. Sebenarnya ungkapan 'bakteri asam laktat' ini diperuntukkan untuk kimchi yang dicampurkan dalam ramen tersebut.

Kimchi yang terkenal sehat diketahui mengandung bakteri baik (lactobacillus). Dalam kemasannya juga tertulis keterangan kalau ramen ini memiliki jumlah bakteri asam laktat yang sama dengan 40 cangkir yogurt.

Baca Jua: Ramen Instan Ini Mengandung 40 Miliar Bakteri Asam Laktat, Gimana Rasanya?



Simak Video "Kuliner Cokelat dalam Pot Bercacing Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com