9 Fakta Menarik Kopi, Ditemukan Oleh Kambing Hingga Kopi Termahal di Dunia

Diah Afrilian - detikFood Senin, 07 Des 2020 05:00 WIB
espresso Foto: iStock
Jakarta -

Kopi menjadi minuman pagi hari paling populer di dunia. Ternyata kopi memiliki beberapa fakta menarik yang belum diketahui banyak orang.

Kopi menjadi minuman berkafein yang dipercaya dan digunakan untuk menghilangkan rasa kantuk. Biasanya dipilih menjadi minuman hangat untuk pagi hari menemani sarapan untuk membuat tubuh lebih segar dan otak agar lebih fokus.

Kopi kini mengalami berbagai inovasi. Mulai dari bahan yang dicampurkan ke dalam segelas kopi hingga kopi decaf yang diakui sebagai kopi tanpa kafein.

Bahkan kopi tidak lagi dihidangkan sebagai minuman saja. Banyak makanan dan hidangan manis lain seperti kue-kue yang menggunakan komposisi kopi dalam pembuatannya.

Pamor kopi memang sedang sangat naik belakangan ini. Tetapi ada 9 fakta menarik tentang kopi yang belum diketahui banyak orang.

Berikut ini fakta-fakta menarik tentang kopi yang dirangkum melalui Eat This, Not That! (3/12):

1. Kopi Saring Punya Lebih Banyak Kafein

Ini 7 Racikan Kopi Bebasis Espresso yang Populer di Kafe-kafe9 Fakta Menarik Kopi, Ditemukan Oleh Kambing Hingga Kopi Termahal di Dunia Foto: iStock

Espresso menjadi berbagai campuran utama dalam berbagai racikan kopi. Terbuat dari kopi yang diekstrak dan memiliki konsistensi yang sangat kental. Banyak yang mengira bahwa espresso mengandung kafein yang cukup tinggi.

Faktanya kopi yang diseduh dengan metode saring secara manual punya kandungan kafein yang lebih tinggi dibanding satu shot (30 ml) espresso. Sebagai perbandingan, satu shot espresso mengandung 100 miligram kafein sedangkan kopi saring mengandung 128 miligram kafein. Kopi saring yang dimaksud antara lain V60, flat drip, dan metode seduh manual lainnya.

2. Biji Kopi 'light roast' Mengandung Kafein yang Lebih Tinggi

Mitos lain tentang kopi yang banyak dipercaya adalah semakin hitam dan semakin kopi maka kafeinnya akan semakin tinggi. Ternyata ini merupakan mitos yang salah. Sebaliknya, semakin hitam kopi maka kafeinnya semakin rendah.

Pengaruh warna dan kandungan kafein pada kopi ini dipengaruhi pada saat proses pemanggangan biji kopi. Kopi 'dark roast' dipanggang lebih lama. Sedangkan kopi yang warnanya lebih cokelat muda dipanggang lebih sebentar sehingga kandungan kafeinnya tidak terlalu banyak berkurang.

Baca Juga: Rutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang Umur

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menikmati Kehangatan Kopi Bir Khas Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com