Rasulullah SAW Suka Minum Susu Kambing, Susu Juga Tercatat dalam Al-Quran

Devi Setya - detikFood Jumat, 04 Des 2020 05:00 WIB
Rasulullah SAW Suka Minum Susu Kambing Foto: Getty Images/iStockphoto/The_Flying_Dutchman

2. Susu tercatat dalam Al-Quran

Rasulullah SAW Suka Minum Susu KambingRasulullah SAW Suka Minum Susu Kambing Foto: Getty Images/iStockphoto/The_Flying_Dutchman

Dalam surah An-Nahl ayat 66 tercatat bahwa susu adalah salah satu minuman yang baik. Meskipun tidak secara spesifik jenis susunya, tapi para ulama sepakat kalau yang disebut di sini adalah susu hewan.

"Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya" (QS. An Nahl : 66).
Ibnu Katsir mengatakan kata "al an'am" pada ayat surat ini berarti binatang ternak seperti unta, sapi dan kambing.

3. Dilarang menolak pemberian susu


Rasulullah SAW mengatakan jika ada seseorang yang memberikan susu sebaiknya jangan ditolak. Hal ini tercatat alam hadist "Tga hal yang tidak boleh ditolak jika diberi : bantal, minyak wangi dan susu" (HR At Tirmidzi 2734)

Ketika hendak minum susu juga ada doa yang sebaiknya diucapkan. Allahumma baarik lana fiihi, wa zidna minhu (ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan karuniakan kami lebih banyak dari susu ini) karena aku tidak tahu satupun yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu." (HR. Abu Daud 3245, Ibnu Majah 3321, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Susu Kambing di Purwakarta Jadi Buruan Warga untuk Tingkatkan Imun"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com