7 Tips Memilih Roti Tawar yang Sehat

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 04 Des 2020 08:00 WIB
Tips Memilih Roti Gandum yang Sehat dan Cocok Buat Diet Foto: Getty Images/fcafotodigital
Jakarta -

Roti menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Beberapa hal harus diperhatikan saat membeli roti tawar yang sehat.

Roti tawar merupakan makanan yang cukup serbaguna dan mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Misalnya sebagai sandwich, roti bakar, atau hidangan manis seperti puding roti.

Roti juga bisa dikatakan sebagai hidangan yang cocok untuk dikonsumsi kapan saja. Bahkan roti juga bisa dinikmati oleh berbagai usia. Roti menjadi pilihan mudah untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat.

Bahan dasar roti yang beredar di pasaran pun cukup beragam dan bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan. Ada roti tawar putih, brown bread, roti gandum, roti pita dan lainnya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli dan memilih roti tawar seperti dilansir Times of India:

1. Bahan Gandum

heap of various bread on wooden background7 Tips Memilih Roti Tawar yang Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Pineapple Studio

Saat melihat tulisan "gandum" pada kemasan, mayoritas orang akan berpikir bahwa roti itu sehat dan penuh serat dan nutrisi. Tetapi seluruh daftar bahan yang digunakan juga harus diperiksa.

Pilihlah roti yang menggunakan bahan tepung gandum utuh atau 100% tepung gandum utuh. Roti dengan bahan dasar ini adalah roti yang benar-benar sehat dan tinggi serat.

2. Perhatikan Kandungan Gula

Gula sering ditambahkan ke dalam adonan roti untuk memberi kelembapan dan rasa yang lebih manis. Tetapi hal tersebut bisa mempengaruhi konsumsi gula harian.

Cara menyiasatinya adalah dengan memeriksa label untuk memastikan bahwa tidak ada tambahan gula dalam roti. Bahan-bahan seperti sirup jagung, jus kalengan dan madu juga perlu diperhatikan kadar gulanya.

Baca Juga: Cukup 3 Bahan Bisa Bikin Roti Panggang Keju dan Bawang yang Renyah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Bikin Roti Tawar Goreng Isi Cokelat Stoberi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com