Daging Manusia hingga Bebek, Ini 5 Daging Tiruan Buatan Laboratorium

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 03 Des 2020 13:00 WIB
daging ayam hasil lab Foto: Memphis Meats
Jakarta -

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kini muncul banyak daging tiruan buatan lab. Dari daging manusia sampai bebek.

Lab grown meat, atau daging tiruan yang dibuat di laboratorium tengah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Banyak ilmuwan dan peneliti yang berlomba-lomba untuk menciptakan tiruan daging.

Tak hanya tiruan daging sapi atau ayam saja. Beberapa ilmuwan bahkan mencoba mengembangkan daging tiruan yang lebih ekstrem. Seperti daging manusia, hingga daging kuping yang dibuat dari buah apel.

Meski beberapa masih dalam pengembangan tapi daging-daging tiruan buatan lab ini sudah mulai diperkenalkan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima daging tiruan buatan lab yang unik.

1. Daging sapi

istilah daging sapi dari wagyu, usda prime beef, kobe, grass fed, grass finished fed, wet aged, dry agedDaging sapi. Foto: iStock

Daging sapi termasuk ke dalam salah satu daging tiruan yang dikembangkan di dalam lab. Baru-baru ini perusahaan mie instan Nissin, bekerja sama dengan Japan Science and Technology Agency (JST) untuk proyek ini.

Proyek ini fokus mengembangkan daging sapi tiruan. Daging ini memiliki tekstur dan rasa yang sama seperti daging sapi asli. Daging ini dibuat dari hasil pertumbuhan sel di laboratorium.

Para ilmuwan menambahkan vitamin C yang dibiakan. Kemudian vitamin C diletakkan di dalam sel sapi yang diambil, kemudian proses untaian serat mulai terjadi.

Hasilnya muncul potongan daging sapi dengan tekstur tebal. Untuk sekarang daging sapi tiruan ini masih dalam tahap pengembangan.

Baca Juga: Potongan Daging Buatan Lab Berhasil Dibuat Mirip Tekstur Sapi Asli


2. Kuping apel

Daging Manusia hingga Bebek, Ini 5 Daging Tiruan Buatan LaboratoriumDaging Manusia hingga Bebek, Ini 5 Daging Tiruan Buatan Laboratorium Foto: Site News/iStock

kalau penemuan yang satu ini bukan berbentuk daging sapi atau ayam. Melainkan bentuknya menyerupai potongan kuping manusia.

Meski tampilannya sangat realistis dan mirip seperti kuping asli. Tapi ternyata kuping ini merupakan tiruan yang dibuat dari sel buah apel.

Kuping apel ini diteliti di Kanada pada tahun 2016 silam. Tim peneliti ini menemukan kandungan celluose dari apel kemudian disuntikan dengan sel manusia.

Pada tahap akhir mereka menemukan perpaduan dua sel apel dan manusia ini bisa membentuk bagian luar kuping. Semua ini dikembangkan di dalam lab.

Baca Juga: Kuping Apel Makanan Enak Buatan Lab

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Makan Enak dan Edukasi Manasik Haji di Kafe Al Baik"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com