Baru! Steak dari Sel Tubuh Manusia Kini Tengah Dikembangkan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 20 Nov 2020 16:00 WIB
Baru! Steak dari Sel Tubuh Manusia Kini Tengah Dikembangkan Foto: iStock/Mirror
Jakarta -

Alternatif steak hewani populer biasanya berbahan nabati, tapi kini muncul alternatif baru. Namanya Ouroboros Steak yang diciptakan dari sel tubuh manusia dan 'diberi makan' darah manusia.

Steak merupakan olahan daging panggang gaya Eropa yang sudah sangat terkenal. Bahan utamanya biasanya daging sapi, tapi seiring meningkatnya kepedulian terhadap binatang dan gaya hidup vegetarian, muncul alternatif steak berbahan protein tumbuhan (nabati).

Lebih jauh lagi, kini peneliti memperkenalkan pilihan berbeda. Seorang ilmuwan dan desainer asal Amerika menciptakan peralatan 'tumbuhkan steak-mu sendiri'. Sebuah peralatan yang mampu menciptakan daging steak menggunakan sel dan darah manusia.

Walaupun saat ini steak tersebut hanya sebagai prototype dan dianggap sebagai sebuah seni, tetapi steak tersebut benar-benar diciptakan dengan menumbuhkan daging melalui sel-sel manusia salah satunya dari bagian pipi.

Steak Ribeye Termahal di Inggris, Dijual Rp 2,2 Juta per PotongSteakFoto: Getty Images/iStockphoto/tbralnina

Seperti yang terlihat pada pameran tahunan Beazley Designs. Potongan tubuh manusia tengah menjadi sorotan laboratorium industri penumbuh daging. Peneliti menggunakan Fetal Bovine Serum (FBS) yang merupakan serum tinggi protein dari janin sapi untuk menumbuhkan kultur sel. Biasanya FBS didapat dengan cara membunuh induk sapi.

Mengutip dari Metro (18/11), serum ini akan dijual seharga £700 (Rp 11,7 juta) per-liternya. Namun praktik ini banyak dikritisi karena dianggap tak lebih baik dari praktik peternakan sapi pada umumnya dimana ujung-ujungnya sapi akan dibunuh.

Baca Juga: Masak Steak Pakai Pemanggang Roti, Wanita Ini Dihujat Netizen

"Fetal bovine serum secara signifikan memiliki harga sebanding dengan kehidupan hewan. Walaupun beberapa perusahaan laboratorium penumbuh daging ini bisa memecahkan masalah, untuk pengetahuan yang independen, penilaian secara saintifik sudah memvalidasi klaim ini," ungkap Andrew Pelling, desainer dan ilmuwan Ouroboros Steak.

Baru! Steak dari Sel Tubuh Manusia Kini Tengah DikembangkanBaru! Steak dari Sel Tubuh Manusia Kini Tengah Dikembangkan Foto: iStock/Mirror

Ouroboros Steak sendiri merupakan proyek yang dibuat tanpa menggunakan FBS. Sehingga produsennya mengklaim tidak akan ada penggunaan janin sapi dan praktik menyakiti hewan dalam proses produksi steak.

Pada pameran Museum Desain tahun ini, steak dipamerkan dalam ukuran kecil yang dibuat dari sel-sel manusia yang dibeli dari Koleksi Budaya Jaringan Amerika. Sel-sel tersebut kemudian 'diberi makan' dengan serum yang berasal dari donasi darah yang sudah kedaluwarsa.

"Darah kedaluwarsa merupakan material sampah pada sistem medis dan itu lebih murah dan lebih mudah dilestarikan dibanding FBS, tetapi secara budaya kurang diterima. Orang-orang berpikir memakan suatu bagian tubuh adalah perbuatan kanibalisme, yang secara teknis sebenarnya tidak," jelas Grace Knight, desainer industri yang membantu dalam proyek ini.

Adapun daging yang dikembangkan di laboratorium saat ini tidak disetujui sebagai makanan untuk konsumsi manusia di mana pun. Tetapi sebagai industri, nilainya sudah setara ratusan juta dollar!

Baca Juga: Ono Steak : Puas Makan Steak Kiloan dan Steak Penyet Pakai Sambal Ulek



Simak Video "Hidangan Unik ala-ala Laboratorium"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)